nusabali

Disbudpora Kembali Gelar Atraksi Budaya

  • www.nusabali.com-disbudpora-kembali-gelar-atraksi-budaya

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Klungkung, kembali akan menggelar atraksi budaya, 20 - 25 Oktober 2021, di areal objek wisata Kertha Gosa, Klungkung, Kegiatan kali ini bertajuk Aksiku (Atraksi Melestarikan Seni Kebudayaan Kabupaten Klungkung).

Persiapan mulai dilakukan sejak Sabtu (9/10), di antaranya pengambilan gambar/video pagelaran seni kontemporer seniman Suklu di halaman Pemedal Agung Kertagosa. Seniman Suklu yang menonjolkan apresiasi warisan adiluhung wastra Bali, khususnya khas Klungkung, akan dipentaskan secara virtual pada 23 - 24 Oktober mendatang.

Kegiatan itu akan dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, untuk memberikan semangat dalam upaya pelestarian budaya. Bupati Suwirta mengatakan, atraksi budaya dimaksudkan untuk menumbuhkan minat generasi muda melestarikan seni dan budaya daerah sejalan dengan visi misi Kabupaten Klungkung, yakni menguatkan dan meningkatkan eksistensi adat dan budaya. "Semoga usaha yang dilaksanakan mampu menggugah minat generasi muda melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah," harap Bupati Suwirta didampingi Kepala Disbudpora Klungkung Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Museum Semarajaya, Disbudpora Klungkung, Cokorda Gede Nala Rukmaja mengatakan karena masih pandemi Covid-19, maka jumlah penonton pementasan langsung juga dibatasi. Masing-masing peserta hanya boleh mengajak 4 pendamping. "Saat pentas nanti akan ditayangkan secara online di YouTube," kata Cokorda Nala, Minggu (10/10).

Kegiatan yang digelar dalam atraksi budaya tersebut yakni Belajar Bersama di Museum (BBM), Lomba Jauk Manis, Mekendang Tunggal, Mebapang Barong, dan lainnya. "Harapan kami lewat atraksi ini juga dapat menarik daya tarik masyarakat ke berkunjung ke Museum Semarajaya," kata Cokorda Nala.*wan

Komentar