nusabali

Sampah, Tuntaskan di Rumah Tangga

  • www.nusabali.com-sampah-tuntaskan-di-rumah-tangga

DENPASAR, NusaBali
RINTISAN penanganan sampah dan limbah rumah tangga di Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati Gianyar terpadu dengan program pengabdian masyarakat Universitas Warmawadewa (Unwar) Denpasar.

“Kami coba sampaikan, bagaimana sampah maupun limbah rumah tangga bisa menghasilkan pendapatan,” ujar Ir Gede Sutapa, salah seorang anggota tim pendampingan dari Unwar, di Desa Singapadu Kaler.


Inti pendampingan, jelas Sutapa, bagaimana mengupayakan pengelolaan sampah selesai di rumah tangga. Caranya, tim ini mengedukasi tentang sistem kelola sampah yang baik dan bernilai tambah ekonomi. Hal itu sudah terbukti dengan kompos dan pupuk cair yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian.

Tim ini yang diketuai Ir Yan Tonga yang Wakil Dekan I FT Unwar, dan anggota Ir I Ketut Agung Sudewa dan Sutapa. Pendampingan mulai Mei 2021, kepada anggota penggerak PKK atau ibu rumah tangga. ‘’Hasilnya, ibu-ibu dalam wadah kelompok Bakti Pertiwi mampu memproduksi kompos dan POC,’’ ujar pria kelahiran 6 November 1963 tinggal di Jalan Nangka Selatan, Denpasar ni.

Kata Sutapa, sampah jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah. Sebaliknya, jika dikelola baik, akan bermanfaat secraa ekonomi. *k17

Komentar