nusabali

Bea Cukai Siap Sambut Kedatangan Wisman

  • www.nusabali.com-bea-cukai-siap-sambut-kedatangan-wisman

MANGUPURA, NusaBali
Bea Cukai Ngurah Rai bersiap menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman) setelah ada rencana pembukaan penerbangan internasional pada 14 Oktober 2021.

Bahkan, sejumlah inovasi dan perbaikan telah dilakukan, di antaranya implementasi Electronic Customs Declaration (ECD), penggunaan kartu pembayaran pungutan negara (metode cashless), dan kesiapan petugas jaga.

Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai Kusuma Santi Wahyuningsih, mengatakan, sudah sangat siap menyambut pembukaan penerbangan internasional. Menurutnya, Bea Cukai Ngurah Rai sudah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Bahkan, berinovasi dengan mengembangkan ECD di Bandara Ngurah Rai, yaitu mengubah cara penyampaian customs declaration dari bentuk kertas formulir menjadi bentuk elektronik, melalui laman www.cdbali.net. Saat ini EDC dan kelengkapan pendukungnya telah terpasang dan diuji coba berulang kali, sehingga dipastikan meminimalkan kontak fisik antara penumpang dengan petugas Bea Cukai Ngurah Rai.

“Bea Cukai Ngurah Rai siap mendukung pembukaan kembali Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bagi penumpang internasional,” kata Wahyuningsih, Jumat (8/10).

Di samping itu, lanjut Wahyuningsih, Bea Cukai Ngurah Rai juga telah melengkapi fasilitas pembayaran pungutan negara di Bandara Ngurah Rai dengan menggunakan kartu (cashless). Pada customs area Bandara Ngurah Rai juga telah dilengkapi dengan mesin EDC, yang memungkinkan pembayaran pungutan negara oleh penumpang internasional secara cashless. Hal ini sangat penting untuk kelancaran proses kepabeanan penumpang, dan juga untuk pencegahan penularan wabah global Covid-19. “Transaksi itu dilakukan secara cashless. Tentu menekan kontak langsung saat proses pembayaran,” katanya.

Di samping itu, guna mendukung program pemerintah menekan penyebaran Covid-19, Wahyuningsih menegaskan seluruh petugas Bea Cukai di Bandara Ngurah Rai juga telah divaksin dosis lengkap, dilengkapi alat pelindung diri (APD), serta pemahaman protokol kesehatan (prokes) saat melakukan pemeriksaan kepabeanan atas penumpang. “Pada intinya kami siap saat nanti Bandara Ngurah Rai dibuka untuk penerbangan internasional. Kami sudah siap dengan sejumlah inovasi yang kami lakukan,” tandasnya. *dar

Komentar