nusabali

Ibu Hamil Aman Divaksin Covid-19

  • www.nusabali.com-ibu-hamil-aman-divaksin-covid-19

GIANYAR, NusaBali
Ibu hamil dan menyusui tak lagi menjadi pengecualian dalam program vaksinasi Covid-19.

Bahkan vaksinasi ini aman untuk ibu hamil dan menyusui. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Gianyar dr Ida Komang Upeksa, Rabu (6/10).  Kata dia, program vaksinasi bagi ibu hamil sesuai prosedur dari Kementerian Kesehatan. "Ibu hamil sangat aman untuk di vaksin sesuai kebijakan Menkes," ujarnya. Upeksa menambahkan, ibu hamil bisa disuntik vaksin bagi yang usia kehamilan 13 minggu. "Bisa disuntikkan kepada ibu hamil sampai usia aterm (jelang melahirkan atau sekitar 37 minggu)," terangnya.

Seperti tampak di Puskesmas Ubud II, Rabu (6/10), 30 ibu hamil antri untuk divaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini untuk menciptakan imunitas bagi ibu hamil yang hendak melahirkan. Vaksinasi tersebut dipantau Perwira Pengawas Polsek Ubud Ipda I Nyoman Budiasa bersama anggota.

Kapolsek Ubud AKP I Made Tama mengaku menyebar anggota untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para ibu hamil untuk divaksinasi di Puskesmas. Dia menerangkan, percepatan vaksinasi akan dapat membantu negeri ini keluar dari pandemi. "Disamping itu, akan dapat mengembalikan situasi Bali di mata dunia, sehingga diharapkan perekonomian kembali normal," ujarnya.

Menurut Tama, peran masyarakat untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, antara lain harus dilakukan dengan vaksinasi. Karena vaksin dapat membentuk imun tubuh untuk melawan virus, disamping menerapkan protokol kesehatan. *nvi

Komentar