nusabali

Dikalahkan Jatim, Basket Putra Bali Gagal ke Semifinal

Semifinal Basket PON: Sulut vs Jateng, DKI vs Jatim

  • www.nusabali.com-dikalahkan-jatim-basket-putra-bali-gagal-ke-semifinal

MIMIKA, NusaBali.com  - Tim bola basket putra Bali harus terhenti di PON XX Papua setelah dikalahkan Jawa Timur 44-42 pada laga pamungkas Pool B di Mimika Sport Complex, Mimika, Rabu (6/10/2021).

Jawa Timur melangkah ke empat besar sebagai tim peringkat kedua Pool B, mendampingi sang juara grup Sulawesi Utara (Sulut).

Laga Jawa Timur versus Bali berlangsung dengan tempo lambat mulai kuarter satu. Kedua tim tampil cenderung hati-hati sehingga membuat kuarter itu berakhir dengan skor relatif kecil, 10-6 untuk keunggulan Bali.

Pada kuarter kedua, James Patrick membawa Jawa Timur mengimbangi Bali 10-10, tetapi lemparan tiga angka Maxell Legoh membuat Bali tetap terdepan sampai laga memasuki jeda 18-12.

Usai turun minum, Jawa Timur tampil menggigit. Meski terus tertinggal, anak-anak asuh pelatih Kencana Wukir mampu mempertipis jarak jadi hanya tinggal dua poin saat kuarter tiga tuntas, 26-28.

Kuarter pamungkas pun berjalan semakin ketat. Baik Jatim maupun Bali bergantian memimpin pertandingan.

Ketika Jatim unggul 44-42 tiga detik jelang laga berakhir, Bali berusaha membalikkan kedudukan dengan upaya tembakan tiga angka Ida Bagus Wisnu Putra, tetapi usaha tersebut gagal. Kedudukan pun tak berubah, Jawa Timur menang dengan skor 44-42.

James Patrick menjadi pemain dengan catatan terbaik di Jawa Timur setelah membuat sembilan poin dan dua assist.

Sementara di kubu Bali, statistik terbaik dimiliki Ida Bagus Ananta Putra yang menorehkan double-double, yaitu 14 poin, 12 rebound dan dua assist.

Dengan hasil ini, maka Jatim mendampingi SUlawesi Utara sebagai juara Pool B ke semifinal. Sulawesi Utara pada fase penyisihan PON tampil luar biasa dan tidak terkalahkan. pada pertandingan yang sudah tidak menentukan lagi, SUlawesi Utara mengalahkan Bangka belitung 92-91, Rabu (6/10/2021).

Di partai semifinal,  Kamis (7/10/2021), Sulawesi Utara akan bertemu runner up Pool A Jawa Tengah. Sedangkan Jatim bertemu DKI Jakarta selaku juara Pool A.

Tim bola basket putra DKI Jakarta dan Jawa Tengah berhasil lolos ke semifinal PON XX Papua setelah selisih memasukkan-kemasukan poin kedua tim tak terkejar oleh tim lainnya di Pool A, Jawa Barat.

Kepastian itu didapatkan setelah pertandingan terakhir di Pool A, DKI Jakarta versus Jawa Tengah berakhir dengan skor 88-82 untuk kemenangan Jateng di Mimika Sport Complex, Mimika, Rabu.

Sesuai regulasi bola basket 5x5 PON Papua, jika ada lebih dari dua tim berpoin sama di satu grup, maka pemeringkatan didasarkan pada selisih memasukkan-kemasukan mereka selama berlaga di grup tersebut.

Untuk kasus Pool A, karena Jateng menang atas DKI Jakarta, maka Jateng, DKI Jakarta dan Jawa Barat memiliki poin serupa yaitu tujuh.

Jika ditotal setelah laga pamungkas tuntas, selisih memasukkan-kemasukan terbaik sesuai urutan yaitu DKI Jakarta (selisih 122), Jawa Tengah (56) dan Jawa Barat (43).*ant

Komentar