nusabali

Gubernur Koster Hibahkan 1,7 Hektare Tanah

Untuk Pembangunan Perumahan Prajurit TNI AD Kodam IX/Udayana

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-hibahkan-17-hektare-tanah

Lahan yang dihibahkan ini berlokasi di wilayah Kecamatan Mengwi, Badung untuk kepentingan pembangunan perumahan bagi prajurit TNI AD.

DENPASAR, NusaBali

Gubernur Bali Wayan Koster menyerahkan sertifikat tanah hibah seluas 1,7 hektare kepada Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang akan digunakan untuk pembangunan perumahan bagi prajurit TNI AD di Hall Makodam IX/Udayana serangkaian Peringatan HUT ke 76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Selasa (5/10).

Penyerahan sertifikat tanah hibah ini sebagai apresiasi terhadap prajurit TNI yang telah menjaga teritorial keamanan daerah Bali, baik di laut, darat dan udara. Tidak hanya menjaga keamanan teritorial daerah Bali, namun TNI juga melaksanakan tugas-tugas dalam meringankan masyarakat Bali, termasuk memperhatikan kondisi wilayah. Seperti salah satunya menyiapkan pompa hidrant untuk kebutuhan air bersih bagi masyarakat Bali di Kabupaten Klungkung, Karangasem, Buleleng dan Kabupaten Tabanan.

Gubernur Koster menyebutkan lahan yang dihibahkan ini berlokasi di wilayah Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Lahan seluas 1,7 hektare ini akan dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan perumahan bagi prajurit TNI AD.

"Saya apresiasi kepada prajurit TNI. Selama ini TNI sudah menjaga teritorial Bali, meringankan beban masyarakat Bali dalam masa Pandemi Covid-19, sampai menangani masalah air bersih masyarakat di pedesaan," ujar Ketua DPD PDIP Bali ini. Gubernur Koster dalam kesempatan tersebut menyampaikan perhatian terhadap kesejahteraan prajurit TNI, khususnya penyediaan perumahan prajurit yang kondisinya kurang layak harus segera direhabilitasi.

"Penyiapan sarana tempat tinggal yang layak bagi prajurit menjadi perhatian bagi saya. Apalagi saya yang sempat tiga periode duduk di DPR RI pada Badan Anggaran (Banggar). Saya selalu memprioritaskan kepentingan TNI khususnya pembangunan fasilitas perumahan kurang layak," ujar mantan Anggota DPR RI Dapil Bali 3 periode ini.

Dengan perhatian di bidang anggaran, akan memaksimalkan peran TNI pada pelayanan masyarakat. "Jadi dengan pengelolaan kebijakan anggaran yang strategis akan mempermudah bagi pemerintah dan TNI/Polri untuk terus berkolaborasi dalam meningkatkan layanan terhadap masyarakat," ungkap Gubernur Koster.

Gubernur Koster menitikberatkan bahwa menjaga teritorial dan keamanan satu wilayah menjadi tanggung jawab bersama, namun TNI/Polri dengan kewenangan dan tugasnya memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam menjaga NKRI.

Menurutnya prajurit yang dididik dengan kedisiplinan dan karakter yang siap menyerahkan jiwa raganya untuk negara, menjadikan seorang prajurit bertanggung jawab terhadap keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya bertugas. "Oleh sebab itu sinergitas dan kerjasama antara TNI/Polri, pemerintah dan masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan toleransi untuk keamanan adalah kewajiban yang harus diutamakan,” kata Gubernur Koster.  

Di kesempatan yang sama Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Koster atas hibah tanah seluas 1,7 hektare untuk pembangunan perumahan prajurit yang memang selama ini kurang layak. "Perbaikan akan dilakukan secara bertahap, dan pembangunan di Kecamatan Mengwi akan terlebih dahulu dilaksanakan. Sehingga di waktu ke depan, akan menjadi alternatif saat dilakukan perbaikan perumahan prajurit yang ada di wilayah Denpasar, yang nantinya akan dilakukan perbaikan secara silih berganti," terang Pangdam Maruli.

Ke depan antara pemerintah dan TNI/Polri diharapkan mampu berkarya dan bekerjasama membangun Bali. "Dan secara bertahap khususnya di bidang pertanian dan pangan akan meningkat dengan maksud Bali mampu memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri," ujar Pangdam Maruli Simajuntak. *nat

Komentar