nusabali

Pengempon Pura Pulaki Dibantu 100 Paket Beras Gubernur

  • www.nusabali.com-pengempon-pura-pulaki-dibantu-100-paket-beras-gubernur

SINGARAJA, NusaBali 

Pengempon Pura Agung Pulaki di Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Buleleng dibantu 100 paket beras yang masing-masing seberat 5 kilogram, oleh Gubernur Bali Wayan Koster.

Bantuan diserahkan simbolis oleh pegawai Pemprov Bali, kepada perwakilan pengempon pura. Kelian Pengempon Pura Agung Pulaki Jro I Nyoman Bagiarta dihubungi Minggu (3/10) kemarin menjelaskan, bantuan paket beras dari Gubernur Bali sangat disambut pengempon pada masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini. Bantuan tersebut akan diberikan kepada jro mangku, tukang sapu, tukang kebun termasuk pedagang canang di areal pura.

“Kami berterima kasih atas kepedulian pak Gubernur kepada kami di sini. Tentu bantuan ini sangat membantu meringankan jro mangku, tukang kebun, tukang sapu, pedagang canang yang sudah lama ngayah di sini,” ucap Jro  Bagiarta.

Bantuan beras Gubernur Bali merupakan beras produksi petani Bali yang diberikan untuk krama Bali, salah satunya pengempon Pura Pulaki.

Sementara itu Kelian Jro Bagiarta juga mengucapkan terimakasih kepada krama Bali dan sejumlah pengusaha di Bali yang selama ini sangat peduli dengan pengempon Pura Agung Pulaki. Termasuk dana punia pihak ketiga yang masuk untuk mendukung pembuatan arca stana Ida Lingsir Pedanda Wau Rauh (Dang Hyang Nirartha) yang distanakan di Pura Pulaki dan arca Ratu Niang distanakan di Pura Melanting.

Kedua arca tersebut terbuat dari emas murni senilai Rp 100 juta. Masing-masing seberat 50 gram. Sebelum distanakan saat piodalan Pura Pulaki pada Purnama Kapat, Anggara Kliwon Kulantir, Selasa (21/9) lalu, arca berukuran tak lebih dari 10 sentimeter itu sudah dipasupati. Pembuatan arca berbahan emas murni ini disebut Jro Bagiarta memang  sudah cita-cita pengempon sejak dulu, namun baru bisa terealisasi tahun ini dari CSR pihak ketiga. *k23

Komentar