nusabali

Pura Agung Surya Buana Jadi ‘Official’ Kontingen Bali untuk PON XX Papua

  • www.nusabali.com-pura-agung-surya-buana-jadi-official-kontingen-bali-untuk-pon-xx-papua

JAYAPURA, NusaBali.com - Pura Agung Surya Buana yang terletak di kota Jayapura menjadi lokasi posko ‘official’ kontingen Bali yang bertanding dalam perhelatan PON XX Papua.

Selain bisa menjadi tempat tempat persinggahan para atlet dari Pulau Dewata, Pura Agung Suryabuana juga bisa menjadi lokasi ibadah bagi atlet pemeluk agama Hindu.

Posko itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan bagi para atlet maupun tim dari kontingen Bali yang terlibat dalam PON XX Papua.

Posko official untuk kontingen Bali, selain untuk persinggahan juga bisa menjadi lokasi persembahyangan atlet yang beragama Hindu.

Terhitung sejak Jumat (1/10/2021), ada dua atlet dari cabang olahraga tinju dan bulutangkis yang direncanakan tinggal sementara di posko official itu hingga mendapat penginapan yang tepat.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Papua I Komang Alit Wardhana turut menyambut dengan hangat seluruh kontingen dari Bali.

“Kami umat Hindu di kota Jayapura menerima saudara kami dari Bali dengan hangat, sehingga apa yang ada di Pura Agung Surya Buana menjadi milik kita bersama. Demikian juga untuk kontingen yang ada di klaster Mimika, Merauke, dan Kabupaten Jayapura. Semoga PON X Papua bisa berjalan aman tertib dan lancar,” kata I Komang Alit Wardhana.

Pura Agung Surya Buana terletak di Jalan Raya Abe Pura, juga dikenal sebagai Pura Padma Buana Nusantara. Artinya Pura ini merupakan tempat peribadatan yang berada paling timur dari seluruh pura yang ada di Indonesia.

Selain menjaga lokasi peribadatan tetap memiliki suasana Bali dan juga dilengkapi dengan sentuhan kearifan lokal Papua pada ukiran bangunannya.

Pura Surya Buana memiliki kelebihan lain yaitu pemandangan alam antara gunung dan laut yang indah.

Pada saat berkunjung ke Pura Surya Buana anda bisa menyaksikan langsung keindahan Jembatan Merah Teluk Youtefa dan lautan yang sangat indah. *ant

Komentar