nusabali

Komitmen Penyetaraan Gender, Jembrana Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya

  • www.nusabali.com-komitmen-penyetaraan-gender-jembrana-raih-anugerah-parahita-ekapraya-kategori-madya

NEGARA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Jembrana menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penghargaan bagi kepala daerah yang memiliki komitmen dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender ini, diterima Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna di Kantor Bupati Jembrana, Kamis (30/9).

Bupati Tamba mengatakan, penghargaan ini sebagai bukti komitmen daerahnya dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. Hal itu selaras dengan visi kepemimpinannya, Mewujudkan Masyarakat Jembrana Bahagia Berlandaskan Tri Hita Karana. “Ini juga selaras dengan misi Jana Kerthi melalui pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing mencakup program pemberdayaan wanita,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba menambahkan, saat ini Indeks Pembangunan Gender (IPG) Jembrana mencapai 93,52 persen. Sementara persentase partisipasi perempuan di partai politik sebesar 20 persen. Dari total 35 anggota DPRD Jembrana saat ini, tujuh orang di antaranya perempuan. Selain itu, Jembrana juga sudah memiliki Perda No 7 Tahun 2020 yang mengatur tentang Pengarusutamaan Gender.

“Terimakasih kepada Kementerian atas penghargaan kepada Kabupaten Jembrana atas komitmen kami akan pengarusutamaan gender. Ini berkat kerja keras seluruh OPD sekaligus motivasi mewujudkan serangkaian program yang adil bagi perempuan, laki-laki, anak, penyandang disabilitas, lansia, dan kelompok rentan lainnya,” ujar Bupati Tamba yang juga didampingi Sekda Jembrana I Made Budiasa serta Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA-PPKB) Jembrana Ni Kade Ari Sugianti.

Ni Kade Ari Sugianti mengatakan, tujuan akhir dari Anugerah Parahita Ekapraya ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tahapan penilaian diawali pemeriksaan administrasi serta verifikasi lapangan oleh kementerian melalui zoom meeting pada 2021. “Pada tahapan itu dihadiri oleh Bapak Bupati dan Ketua DPRD Jembrana didampingi Ketua Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) serta Ketua Tim Penggerak PKK Jembrana. Termasuk pemaparan langsung terkait anggaran yang responsif gender di Kabupaten Jembrana,” ujarnya. *ode

Komentar