nusabali

Bali Tambah Tiga Medali Emas Judo PON XX

  • www.nusabali.com-bali-tambah-tiga-medali-emas-judo-pon-xx

JAYAPURA, NusaBali.com – Mantab! Bali menyapu tiga medali emas plus satu perunggu di cabang olahraga (cabor) judo PON XX Papua, Jumat (1/10/2021).  Tiga medali emas dipersembahkan oleh Fania Farid, I Gede Ganding Kalbu Soetama dan I Dewa Ayu Mira Widari.

Kontingen Bali mendominasi podium tertinggi di hari ketiga cabor judo di Mimika dengan menyabet tiga medali emas secara beruntun dari empat nomor yang dipertandingkan. Satu nomor yang lepas adalah kelas +100 kg perorangan putra di mana wakil Bali, I Gede Agastya Darma, harus puas dengan medali perunggu.

Perolehan ini menjadi yang tertinggi selama pelaksanaan pertandingan  judo PON Papua yang sudah berlangsung sejak 29 Oktober di Graha Eme Neme Yauware, Kota Timika.

Perolehan emas dibuka oleh Fania Farid yang tampil di nomor perorangan putri -78 kg, dengan menundukkan Tiara Artha Gartia dari Jawa Barat.

Fania sempat gagal mengeksekusi lawannya di lima menit pertama. Namun usahanya yang konsisten baru membuahkan hasil di menit ke 1:19 golden score dengan unggul satu poin.

Pada laga babak final kedua, giliran Fania Farid I Gede Ganding Kalbu Soetama yang menyumbang emas untuk Bali setelah menyingkirkan judoka dari Jawa Barat di nomor putra perorangan -100 kg.  I Gede Ganding unggul atas Deden Setiadi lewat skor ippo" dengan sisa waktu 16 detik.

Bali meraih emas ketiga dari nomor +78 kg atas nama I Dewa Ayu Mira Widari yang mengukuhkan posisinya di podium tertinggi setelah mengalahkan wakil Papua Barat, Zisilia Gloria Stepanie Mailoa.

Selain mendulang tiga emas, Bali juga menambah satu perolehan medali dari nomor terakhir yaitu pada +100 kg perorangan putra dengan meraih perunggu. I Gede Agastya Darma mengalahkan Eko Haryono dari Kalimantan Timur melalui ippon dengan sisa waktu satu menit 40 detik.

Dengan hasil ini, maka Bali sudah mengamankan lima medali emas dari cabang judo. Dua medali emas sebelumnya dimenangkan pada Kamis, masing-masing oleh Ni Kadek Pandini dari nomor -57 kg putri dan I Gusti Ayu Putu Guna Kakihara yang bertanding di nomor -70 kg. *ant

Komentar