nusabali

DKPP Tebar 3.000 Yuyu Trajengan

Kendalikan Hama Rumput Laut di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-dkpp-tebar-3000-yuyu-trajengan

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Klungkung, menggandeng Tim Ahli dari Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) Gondol di Buleleng, menebar 3.000 ekor Rajungan (Portunus Pelagicus/Yuyu Trajengan).

Penebaran Rajungan ini dilakukan di sekitar Pantai Mesari Beach, Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Kamis (30/9) sore. Penebaran Rajungan tersebut untuk mengendalikan hama berupa beberapa jenis ikan yang makan rumput laut para pembudaya. Karena Rajungan ini hidupnya di areal rumput laut dan makanannya adalah ikan (karnivora). "3.000 ekor benih Rajungan ini merupakan hasil dari budidaya yang dilakukan oleh BBRBLPP di Gondol, di Buleleng,"ujar Ketua Tim Ahli BBRBLPP Ibnu Rusdi.

Dengan keberadaan Rajungan ini selain mengembalikan spesiesnya juga akan mengendalikan hama ikan tersebut. "Untuk jenis Rajungan ini kalau warga lokal menyebutnya Yuyu Trajengan," imbuh Ibnu Rusdi.

Dalam penebaran benih Rajungan tersebut juga diikuti oleh Kepala DKPP Klungkung I Dewa Ketut Sueta Negara, Perbekel Desa Jungutbatu I Made Gede Suryawan, dan lainnya.

Kepala DKPP Klungkung I Dewa Sueta Negara mengatakan, seiring dengan perkembangan budidaya rumput laut di Nusa Penida juga diiringi kemunculan hama salah satunya ikan pemakan rumput laut. Sehingga hama ini perlu dikendalikan agar tidak merusak budidaya rumput laut tersebut. Untuk penebaran awal Rajungan ini dilakukan di Pantai Desa Jungutbatu. "Dengan keberadaan Yuyu Trajengan ini otomatis hama ikan itu akan berkurang," kata pejabat asal Banjar Kaleran, Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini.

Setelah menebar 3.000 Rajungan tersebut, dilanjutkan pengecekan demplot Abalon di pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Sebagaimana diketahui, penebaran sekitar 3.000 benih Abalon ini di Perairan Desa/Nusa Lembongan, sejak akhir Juli 2021. Penebaran di tiga titik demplot, yakni di sebalah timur, barat, dan tengah. *wan

Komentar