nusabali

Golkar Ajukan Eks Danjen Kopassus Jadi Wakil Ketua DPR

  • www.nusabali.com-golkar-ajukan-eks-danjen-kopassus-jadi-wakil-ketua-dpr

JAKARTA, NusaBali
Golkar ajukan Sekjen DPP Letjen TNI (Purn) Lodewijk F Paulus, 64, sebagai Wakil Ketua DPR RI untuk menggantikan Azis Syamsuddin yang ditangkap KPK karena kasus dugaan suap.

Surat pengajuan mantan Danjen Kopassus (2009-2011) ini sudah di-serahkan Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto, kepada Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (29/9) sore.

Saat menyerahkan surat pengajuan Lodewijk Paulus, Rabu sore pukul 17.00 WIB, Airlangga Hartarto didampingi Ketua Fraksi Golkar DPR RI Kahar Muzakir dan Sekretaris Fraksi Golkar DPR RI, Adies Kadir. Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani (dari Fraksi PDIP) didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (dari Fraksi Gerindra). Ketua Fraksi PDIP DPR RI, Utut Adianto, juga ikut mendampingi Puan Ma-harani.

"Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk Saudara Lodewijk Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR RI, menggantikan Saudara Azis Syamsudin," ujar Airlangga dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu sore.

Menurut Airlangga, pengajuan nama Lodewijk Paulus sebagai Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar tersebut sudah melalui mekanisme internal partainya, yakni dibahas dalam Rapat Pleno Terbatas dan Rapat Pleno Harian. Selain itu, Airlangga juga telah berkonsultasi dengan seluruh senior Beringin, seperti Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, dan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan, 27 September 2021 lalu.

Dari Rapat Pleno Terbatas dan Rapat Pleno Harian, serta konsultasi dengan para senior Beringin tersebut, Golkar akhirnya putuskan Lodewijk Paulus sebagai Wakil Ketua DPR RI. Saat ini, Lodewijk Paulus menjabat sebagai Sekjen DPP Golkar. Sebelum jadi Sekjen DPP Golkar pada 2018, Lodewijk pernah menjabat dalam berbagai organisasi. Misalnya, Ketua Korbid Kajian Strategis Golkar (2016-2018), Direktur Latgab (2014), dan Panglima Kogahpam APEC di Bali (2014).

Airlangga mengungkapkan, salah satu alasan yang menjadi pertimbangan dalam menunjuk Lodewijk sebagai Wakil Ketua DPR RI adalah karena senioritas di internal partai. Selain itu, Lodewijk saat ini duduk di Komisi I DPR RI 2019-2024 (yang membidangi pertahanan, intelijen, komunikasi, dan luar negeri). Bidang tersebut sama dengan yang diemban Azis Syamsuddin saat jadi Pimpinan DPR RI.

"Ya, tentunya kalau di partai politik, dari segi ranking senioritas, nomor dua adalah Sekjen DPP. Kemudian, Pak Lodewijk Paulus sudah berada di Komisi I DPR RI yang salah satunya juga Korpolhukam. Beliau merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir adalah Letnan Jenderal," tandas Airlangga yang juga Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian.

Airlangga berharap usulan Golkar yang ajukan Lodewijk sebagai Wakil Ketua DPR RI segera diproses Pimpinan Dewan, sesuai mekanisme yang berlaku dan disetujui dalam sidang paripurna. Jika disetujui Pimpinan Dewan sebabgai pengganti Azis Syamsuddin, maka Lodewijk akan berdampingan dengan 3 Wakil Ketua DPR RI lainnya dari parpol berbeda.

Mereka masing-masing Sufmi Dasco Ahmad (Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Gerindra), Rachmad Gobel (Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi NasDem), dan Muhaimin Iskandar (Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PKB). Sedangkan kursi Ketua DPR RI 2019-2024 diduduki Puan Maharani (dari Fraksi PDIP).

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengakui pihaknya sudah meneripa surat pengajuan Lodewijk Paulus sebagai Pimpinan DPR RI dari Airlangga Hartarto. "Pimpinan DPR RI, saya dan Bapak Sufmi Dasco Ahmad, telah menerima surat dari Ketua Umum DPP Golkar (Airlangga) terkait pergantian Aziz Syamsudin sebagai Wakil Ketua DPR RI 2019-2024 dari Fraksi Golkar," ujar Puan Maharani saat konferensi pers bersama Airlangga Hartarto di Gedung Parlemen Senayan, Rabu sore.

Menurut Puan Maharani, sesuai mekanisme, DPR RI segera akan memproses pergantian Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar. Hal itu akan dibawa ke dalam Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (30/9) ini, sehingga pergantian Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Puan Maharani pun meminta Airlangga menyampaikan siapa calon pengganti Aziz Syamsuddin. "Bapak Airlangga, bisa menyampaikan siapa pengganti Aziz Syamsuddin yang telah dirapatkan di internal Partai Golkar? Sementara mengenai proses hukum Aziz Syamsuddin, kami menghargai proses hukumnya," tandas putri dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri ini. *k22

Komentar