nusabali

Datang Mendahului, Siswa Dipulangkan Balik

Hari Pertama PTM di Klungkung, Siswa Antusias

  • www.nusabali.com-datang-mendahului-siswa-dipulangkan-balik

Karena para siswa saking gembira menyambut PTM. Mereka sebelumnya berbulan-bulan belajar secara online di rumah.

SEMARAPURA, NusaBali

Pemkab Klungkung menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk jenjang SD dan SMP di Klungkung, mulai Senin (27/9) pagi. Para siswa tampak antusias mengikuti PTM. Beberapa siswa tiba di sekolah jauh lebih awal dari jadwal pelajaran dimulai hingga terjadi kerumunan.

Akibatnya, pihak sekolah terpaksa siswa yang datang mendahului diminta balik pulang. Banyaknya siswa datang mendahului diduga karena para siswa saking gembira menyambut PTM. Mereka sebelumnya berbulan-bulan belajar secara online di rumah, hingga membosankan dan  tak tahu kondisi sekolah dan teman-temannya. Mereka pun dipulangkan kembali oleh pihak sekolah. Langkah ini untuk menghindari kerumunan di sekolah. Kondisi tersebut, antara lain tampak di SDN 1 Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung.

Di sekolah ini, siswa dijadwalkan datang ke sekolah pukul 09.00 Wita. Namun banyak orangtua datang mengantar anak-anaknya sekitar pukul 08.30 Wita. Sehingga mereka diminta kembali pulang ke rumah, dan ke sekolah tepat pukul 09.00 Wita. Mereka datang lebih awal karena anak mereka sudah tidak sabar lagi bisa PTM. Di samping itu siswa khawatir terlambat jika berangkat ke sekolah di waktu mepet dengan jadwal PTM. "Nanti saya antar lagi anak saya ke sekolah," ujar orang tua siswa, Ni Kadek Julianti.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, bersama Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, memantau PTM hari pertama di SD Negeri 2 Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Senin (27/6). "Protokol kesehatan harus tetap dipatuhi, jangan hanya hari pertama saja, tetapi hari-hari berikutnya juga," ujar Bupati Suwirta.

Menurut Bupati, prokes ini merupakan kunci dari keberhasilan dari PTM ini bisa berlanjut atau tidak. Para siswa juga diminta bisa lebih giat lagi untuk belajar, mengingat sudah lama tidak pernah belajar ke sekolah. "Jangan sampai ada siswa yang bermalas-malasan mengikuti sistem pembelajaran di tengah situasi seperti ini. Tetap bersyukur dan teruslah bersemangat," imbuh Bupati Suwirta.

Kepala SD Negeri 2 Lembongan I Nyoman Sukadana mengatakan jumlah siswa saat ini 119 siswa. Anak yang mengikuti PTM kini 50 persen. Durasi waktu saat mendapatkan pelajaran di kelas selama 3 jam. "Mudah-mudahan PTM iini terus bisa berjalan dengan baik dan mari tetap ikuti prokes dengan benar," harapnya.

Bupati Suwirta juga meninjau pelaksanaan PTM di SDN 1 Nyalian, SDN 1 Bungbungan, dan SMPN 3 Semarapura, dan SMPN 1 Dawan. Sedangkan, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta juga menyempatkan meninjau pelaksanaan PTM bertempat di SDN 1 Nyalian. *wan

Komentar