nusabali

30 Pengusaha Ikuti Pelatihan E-Commerce

  • www.nusabali.com-30-pengusaha-ikuti-pelatihan-e-commerce

GIANYAR, NusaBali
30 pelaku usaha mikro di Gianyar mendapat pelatihan E-Commerce (pemasaran secara online) dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Pelatihan berlangsung 3 hari, Minggu (26/9) - Selasa (28/9), pada sebuah hotel di Desa Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Gianyar.  Perwakilan Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI Devy Virdaratu mengatakan, melalui pelatihan ini, pelaku usaha mikro didorong untuk meningkatkan kemampuan digital marketing. Pelatihan ini juga sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional, khususnya dalam peningkatan SDM bagi pelaku usaha mikro akibat pandemi Covid-19.

Jelas Devy Virdaratu.Materi pelatihan mulai dari pemahaman dasar e-Commerce, infrastruktur, strategi, dan implementasi mengkomunikasikan usaha, membuat grafis produk, narasi teks dan video pendek, membuat google bisnis, menamai maps lokasi usaha dan keterangannya. Peserta juga diajarkan membuat akun fanspage, youtube dan media sosial lain. Para pelatih yakni instruktur bisnis dan konsultan Herlina Adisasmita dan instruktur media online dan digital marketing Gusti Agung Putu Gempa.

Peserta pelatihan/pelaku usaha ini memiliki produk usaha beragam. Mulai dari kuliner olahan Manisan Jahe, Cemilan dari Ikan, Kue Kukis, Minuman Serbuk Jahe Merah, Produk Herbal Olahan hingga wine (anggur). Ada juga produk kerajinan fangan dan furniture anyaman rotan, ukiran kayu, kerajinan perak, dupa, dan lainnya.

Pelatihan dibuka pelatihan Kepala Dinas Koperasi dan  UKM Gianyar I Wayan Arsana, dihadiri anggota DPR RI Komisi VI asal Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Nyoman Parta. *nvi

Komentar