nusabali

Jalan di Desa Menanga Tertutup Material Longsor

  • www.nusabali.com-jalan-di-desa-menanga-tertutup-material-longsor

AMLAPURA, NusaBali
Sebagian badan jalan di Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem tertutup material longsor, Kamis (23/9).

Longsor tejadi di pertigaan tikungan Banjar Batusesa jalur menuju Pura Besakih atau jalan Amlapura tembus Klungkung sekitar pukul 19.23 Wita. Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, bersama enam anggota mengevakuasi material longsor dengan sekop.

Longsor di Banjar Batusesa dilaporkan oleh warga setempat, I Ketut Budiasa. Kebetulan malam itu Budiasa melintas dan berinisiatif melapor ke Pos BPBD Karangasem. Petugas BPBD Karangasem turun ke lokasi dengan mobil bak terbuka.  Bermodalkan sekop, Ida Ketut Arimbawa bersama 6 anggotanya membuang material longsor ke jurang. Kebetulan di dekat lokasi bencana ada jurang. Selama evakuasi, sejumlah truk melaju pelan-pelan karena jalannya licin.

Menurut Ida Ketut Arimbawa, setiap musim hujan sering terjadi longsor di jalur Banjar Batusesa. Terhitung sudah tiga kali terjadi longsor di lokasi yang sama karena struktur tanah labil. Perbekel Desa Menanga I Wayan Suartana mengakui di Banjar Batusesa sering terjadi longsor. “Lokasi rawan longsor di sekitar pertigaan Banjar Batusesa, di jalur menuju Pura Besakih,” jelas Wayan Suartana. Sementara di Banjar Menanga Kangin dan Banjar Tegenan, Desa Menanga menuju jalur ke Pura Besakih nyaris setiap musim hujan terjadi longsor disertai pohon tumbang. Jalur itu merupakan tebing dengan tanah yang labil. Ida Ketut Arimbawa mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaannya saat musim hujan. *k16

Komentar