nusabali

RSUD Klungkung Launching e-Rekam Medis

  • www.nusabali.com-rsud-klungkung-launching-e-rekam-medis

SEMARAPURA, NusaBali
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Klungkung menambah inovasi baru, yakni Rekam Medis Elektronik (RME) dan Sistem Informasi Medis on Tablet (Sim-onTa).

Inovasi ini dilaunching Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Aula RSUD Klungkung, Jumat (24/9) pagi.
Direktur RSUD Klungkung dr I Nyoman Kesuma menyampaikan pengelolaan sistem manajemen informasi RSUD Klungkung oleh bagian teknis beserta instalasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dan IT. RSUD Klungkung menyadari hingga secara bertahap telah beralih/ konversi dengan penyediaan sarana informasi medis yang diakses langsung oleh pada dokter penanggung jawab pelayanan (DPJP) berupa tablet. Sehingga permintaan informasi dapat bersifat mobile dan dapat diakses dan diberikan setiap saat. "Inovasi ini diberikan nama SIM OnTa," ujar dr Kesuma.

Jelas dokter Kesuma, rekam medis elektronik dari aspek administratif, bermanfaat sebagai tempat penyimpanan informasi secara elektronik mengenai data kondisi kesehatan, dan data layanan kesehatan yang diperoleh pasien sepanjang hidupnya. Dari aspek pengguna, penerapan rekam medis elektronik memberikan manfaat kepada dokter dan petugas kesehatan Profesional Pemberi Asuhan (PPA), dalam mengakses informasi pasien dan membantu dalam pengambilan keputusan klinis.

Bupati Suwirta mengatakan tidak akan pernah berhenti mengkawal RSUD Klungkung melakukan inovasi, dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Klungkung dan sekitarnya. "Inovasi ini agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh jajaran rumah sakit," ujar Bupati Suwirta.

Data rekam medis yang sebelumnya tercatat secara manual, bisa disalin kedalam e-rekam medis ini. Dengan adanya inovasi tersebut, Bupati berharap RSUD Klungkung bisa menuju paperless atau meminimalisir penggunaan kertas. “Dokter, perawat dan Pegawai RSUD Klungkung harus mengikuti perkembangan teknologi guna memberikan layanan lebih baik kepada masyarakat,” ajak Bupati Suwirta.

Dokter Spesialis Gigi Drg Made Deby Artika Sp Perio menyampaikan secara pribadi untuk rekam medis elektonik, sangat membantu. "Saya berharap dengan adanya e-Rekam Medis harus didukung dengan jaringan yang memadai, jangan sampai sudah ada aplikasi tetapi tidak didukung oleh jaringan yang memadai," harap Drg Artika. *wan

Komentar