nusabali

Disdik Gelar Bimtek Pengelolaan PAUD

  • www.nusabali.com-disdik-gelar-bimtek-pengelolaan-paud

GIANYAR, NusaBali
Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Belajar Berkualitas PAUD Tahun 2021.

Bimtek dibuka Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Made Suradnya, didampingi Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan Gianyar I Made Sunata di Hotel Gianyar, Kamis (23/9/21). Bimtek selama 2 hari, 23 - 24 September 2021 dengan peserta Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Kabupaten Gianyar. Peserta 20 orang dengan narasumber dari BPPAUD dan narasumber lokal dari Gianyar. Sumber dana Bimtek dari Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan I Made Sunata mengatakan gerakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas menjadi fokus guna mendukung lahirnya generasi emas bangsa. Pendidikan dan pengasuhan anak usia dini yang berkualitas menjadi investasi penting bagi setiap bangsa, agar di masa depan lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerangka PAUD berkualitas.

Faktor kunci lingkungan belajar berkualitas, jelas Sunata, diantaranya kualitas lingkungan dan alat pembelajaran, interaksi guru dan anak, pembelajaran yang berpusat pada anak, keterlibatan keluarga dan masyarakat, kondisi lingkungan yang inklusif, pendekatan bermain dalam belajar, kualitas guru dan tenaga kependidikan. Akan tetapi saat ini, belum semua satuan PAUD memiliki lingkungan belajar yang berkualitas. ‘’Karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang pembelajaran anak, masih terdapat banyak praktik pembelajaran yang belum sesuai tahap perkembangan anak,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Made Suradnya mengatakan masa anak belajar di tingkat PAUD merupakan masa dimana anak-anak bermain dan menumbuhkan karakter anak serta pengenalan terhadap lingkungan. Made Suradnya menambahkan, lingkungan belajar berkualitas tidak terlepas dari sarana prasarana yang tersedia guna mendukung proses belajar yang dilakukan di tingkat PAUD, serta didukung dengan suasana interaksi antara guru dengan anak, orang tua serta lingkungan sekitar yang nyaman. *nvi

Komentar