nusabali

Vaksinasi BIN Sasar Pelajar dan Lansia Gianyar

  • www.nusabali.com-vaksinasi-bin-sasar-pelajar-dan-lansia-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar vaksinasi Covid-19 bagi pelajar, lansia dan masyarakat tercecer di Kabupaten Gianyar, Kamis (23/6) kemarin.

Vaksinasi pelajar khususnya SMA/SMK digelar di aula SMAN 1 Gianyar. Sedangkan, vaksinasi warga lansia (lanjut usia) dilakukan secara door to door di Banjar Kembengan, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar.

Vaksinasi ini ditinjau langsung Kepala BIN Daerah (Kabinda) Bali Brigadir Jenderal Pol Hadi Purnomo. Kabinda Bali Brigjen Pol Hadi Purnomo di sela kegiatan vaksinasi, menyebutkan dari 34 provinsi di Indonesia, BIN memberikan perhatian khusus untuk Bali, diberikan 10.000 dosis. "Di Bali sudah berlangsung 4 kali. Dua kali di Denpasar, satu kali di Buleleng dan kali ini di Gianyar. Saya lihat di sini masih ada yang belum vaksinasi tahap I, ada yang vaksinasi lanjutan. Ada juga masyarakat tercecer," jelas

Dari 10.000 dosis vaksin tersebut, 2.100 vaksin disuntikkan untuk pelajar, lansia dan masyarakat Gianyar yang belum vaksin. "Di sini ada 1.500 dosis. Secara door to door di Banjar Kembengan Tulikup lagi 600 dosis, sehingga total untuk Gianyar sebanyak 2.100 dosis," jelas mantan Kapolres Gianyar 9 tahun lalu ini.

Pelaksanaan vaksinasi digenjot untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Covid-19. Sekaligus sebagai persiapan para pelajar di Bali melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). "Capaian vaksinasi tahap II sudah 71% lebih, bagus sekali. Harapannya pariwisata di Bali bisa buka kembali, pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Hadi Purnomo optimis, Bali akan segera turun level. Karena Bali dapat perhatian langsung dari Presiden Jokowi. Vaksin di Bali melimpah dibanding daerah lain. ‘’Sehingga saya optimis Bali bisa turun level II, bahkan level I. Mungkin awal Oktober, mudah-mudahan bandara internasional dibuka," ujarnya.

Bupati Gianyar Made Mahayastra mengatakan prosentase vaksin di Gianyar belum sampai 100 persen. "Saya tegaskan ke camat dan kades untuk melanjurkan vaksinasi secara door to door. Sasaran yang belum tervaksin masih sedikit. Kami akan sinkronkan data ini. Kami genjot vaksinasi berbasis wilayah," terangnya.

Bupati juga berharap, BIN bisa mengalokasikan sisa vaksin lagi ke Gianyar. Kalau ada sisa yang di Buleleng atau Denpasar, harap Gianyar bisa diberikan sisa vaksin itu. Untuk pariwisata, sejumlah objek wisata sudah buka. Objek kebun binatang hingga alun-alun sudah dibuka.*nvi

Komentar