nusabali

PPKM Denpasar Turun Level, Pelanggar Prokes Malah Naik

Sehari Kemarin Tim Yustisi Jaring 20 Pelanggar

  • www.nusabali.com-ppkm-denpasar-turun-level-pelanggar-prokes-malah-naik

DENPASAR, NusaBali
Pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 4 menjadi level 3, pelanggar protokol kesehatan (prokes) di Denpasar kembali meningkat.

Seperti, Rabu (22/9) sebanyak 20 orang pelanggar protokol kesehatan ditertibkan Tim Yustisi Kota Denpasar saat melakukan penertiban protokol kesehatan terkait PPKM Level 3 di Simpang Jalan Gunung Agung - Jalan Gunung Sanghiang - Jalan Gunung Tangkuban Perahu, Kelurahan Padang Sambian, Denpasar Barat.

Kasatpol PP Kota Denpasar Dewa Gede Anom Sayoga mengatakan penertiban akan terus dilakukan sebelum SE Prokes dicabut. Namun, setelah turun level, justru pelanggar meningkat. Padahal sebelumnya pelanggar yang terjaring sempat terdata yang hanya salah menggunakan masker.

Sehingga, Tim Yustisi kembali memberikan sosialisasi bahwa kendati sudah turun ke Level 3, masyarakat tetap harus menggunakan masker untuk menghindari terjadinya peningkatan kasus kembali. "Sebelumnya sempat tidak ada pelanggar yang tidak menggunakan masker paling 5 orang. Hanya kami bina saja karena salah menggunakan masker. Tetapi, sekarang malah naik lagi," jelasnya.

Seperti yang dialami pada, Rabu kemarin. Tim Yustisi menjaring pelanggar hingga 20 orang. Sebanyak 15 orang diberikan pembinaan karena salah menggunakan masker dan 5 orang didenda di tempat karena tidak menggunakan masker. Hal itu membuat pihaknya terus menggencarkan razia agar masyarakat kembali mengutamakan prokes.

Di sisi lain, bagi pelanggar yang tidak menggunakan masker dalam penertiban itu pihaknya juga memberikan masker secara gratis. "Bentuk penyadaran mereka. Karena alasannya macam-macam. Ada yang sesak, ada yang tidak nyaman. Jadi, kami bina dan denda saja," ungkap mantan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar ini.  *mis, sur

Komentar