nusabali

91 Karya Mahasiswa Seni Rupa Murni ISI Dipamerkan di DNA

  • www.nusabali.com-91-karya-mahasiswa-seni-rupa-murni-isi-dipamerkan-di-dna

DENPASAR, NusaBali
Mahasiswa Jurusan Seni Rupa Murni Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar pameran karya di Dharma Negara Alaya (DNA) Lumintang, Denpasar, Rabu (22/9).

Pameran ini bertajuk Tera Rupa yang menampilkan karya dari semester I hingga semester VII. Berbagai jenis karya seni ditampilkan mulai dari patung, seni instalasi, maupun lukisan. Bahkan ada satu karya instalasi yang terbuat dari sepasang sandal dan diberi judul Circle Kae. Di mana sepasang sandal tersebut ditaruh di ujung papan tempat pajangan pameran.

Sandal itu kemudian dipotong bagian tengahnya seolah-olah menembus papan tersebut. Selain itu, ada juga instalasi unik lainnya yang berjudul Sarad Manca karya Anak Agung Bayu Pratama. Instalasi ini menampilkan jajan yang biasa digunakan dalam banten sarad.

Jajan tersebut juga dilengkapi dengan senjata Panca Dewata yang disusun sesuai dengan stana dan warna dari Panca Dewata. Jajan tersebut ditempel di atas lempengan berbentuk bundar lalu dilingkari dengan benang tukelan (benang putih). Salah satu panitia dalam pameran ini, Putu Durga Laksmi Devi mengatakan terdapat 91 karya yang dipamerkan. Pameran ini menggunakan berbagai macam media baik media kanvas, kertas, kayu, kawat hingga tepung.

“Pameran ini digelar setiap tahun dan menampilkan karya mahasiswa dari semester I hingga semester VII,” kata Laksmi. Pelaksanaan pameran ini dimulai pada 19 September dan berakhir pada 26 September 2021 mendatang. Awalnya pameran ini diniatkan untuk digelar pada awal tahun 2021. Akan tetapi pelaksanaanya kemudian diundur dikarenakan kasus Covid-19 masih tinggi dan pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Ke depannya pihaknya berharap bisa berkolaborasi dengan jurusan seni rupa dari kampus lain untuk menggelar pameran ini. "Juga bisa menghadirkan lebih banyak media untuk berekspresi. Selain pameran juga digelar diskusi seni pada 24 September 2021 mendatang," kata Laksmi. *mis

Komentar