nusabali

Tinjau Dampak Banjir dan Longsor, Wabup Ipat Ingatkan Warga Waspada

  • www.nusabali.com-tinjau-dampak-banjir-dan-longsor-wabup-ipat-ingatkan-warga-waspada

NEGARA, NusaBali
Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat), Selasa (21/9), memantau dampak bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi akibat hujan deras, Senin (20/9) malam.

Wabup mengingatkan agar warga selalu waspada karena kondisi cuaca tak pasti. Wabup didampingi Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jembrana I Putu Agus Artana, Wabup Ipat meninjau sejumlah warga yang terdampak di wilayah Kecamatan Mendoyo dan Kecamatan Negara. Dalam kesempatan tersebut, Wabup Ipat sempat meninjau salah satu korban yang diketahui mengalami dampak cukup parah yakni, I Komang Widisastra, 23, di Banjar Rangdu, Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo. Sebagian tembok belakang rumah keluarga Widisastra diketahui jebol karena  tertimpa tanah longsor dari belakang rumahnya.

Saat peninjauan ke rumah Widisastra tersebut, terlihat di teras atau pun bagian kamar rumah korban yang jebol masih dipenuhi endapan tanah. Sejumlah warga sekitar pun tampak bergotong royong untuk membantu pembersihan di rumah korban. Wabup Ipat pun sempat menyerahkan bantuan berupa paket sembako dan beberapa perlengkapan rumah tangga kepada Widisastra.

Selain meninjau rumah Widisastra, Wabup Ipat juga sempat meninjau sejumlah kawasan pemukiman warga yang juga sempat terkena banjir di sejumlah titik Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk di wilayah Kecamatan Mendoyo. Di antaranya di Desa Penyaringan, Kelurahan Tegal Cangkring, Desa Mendoyo Dangin Tukad dan Desa Mendoyo Dauh Tukad. Begitu juga melakukan pemantauan ke rumah keluarga Ahmad Widiono di Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, yang sebagian atap rumahnya diketahui jebol akibat hujan deras pada Senin (20/9) malam lalu.

Di sela-sela peninjauan tersebut, Wabup Ipat mengatakan kedatangan bencana alam tidak bisa diprediksi. Hanya saja bisa diwaspadai. Atas bencana yang menimpa sejumlah warganya, Wabup Ipat berharap keluarga untuk tegar menghadapi cobaan dan selalu waspada. “Kita tidak tahu dan tidak bisa prediksi bencana itu sendiri. Yang bisa kita lakukan meningkatkan kewaspadaan. Karena bencana setiap saat mungkin bisa terjadi,” ucapnya.

Di samping itu, Wabup Ipat meminta agar pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana untuk segera melakukan inventarisasi terhadap dampak kerusakan bangunan warga yang terdampak banjir. “Pendataan itu sangat penting. Agar warga yang terkena musibah segera bisa dibantu sehingga meringankan beban mereka,” ujarnya. *ode

Komentar