nusabali

Ida Pedanda Putra Tembau Punya Nanak Ke-15

  • www.nusabali.com-ida-pedanda-putra-tembau-punya-nanak-ke-15

SEMARAPURA, NusaBali
Perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara Cabang Klungkung menyelenggarakan Diksa Pariksa kepada calon pendeta atau diksita, Ida Bagus Rai Susrama dan istrinya, Ida Ayu Made Sri Diatmini.

Rsi Yadnya Padiksan dilaksanakan di griya milik pasangan diksita, Griya Gede, Desa Adat Bakas, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Anggara Kliwon Kulantir, Selasa (21/9). Pasangan calon diksita pada hari Padiksan tersebut mendapatkan nama baru (pepasih anyar), Ida Pedanda Gede Rai Putra Keniten dan Ida Pedanda Istri Oka Diatmika. Nama ini diberikan oleh guru nabe, Ida Pedanda Gede Putra Tembau dari Griya Gde Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan. Pasangan pedanda anyar ini adalah nanak atau anak kesulinggihan ke-15 dari guru nabe, Ida Pedanda Gede Putra Tembau,

"Acara padiksan juga bertepatan dengan wali atau patoyan di Pamerajan Griya Gede, Desa Bakas, Banjarangkan Klungkung," ujar Sekretaris Dharma Prawerthi Sabha Cabang Klungkung, Ida Bagus Surya Wedanta.

Ida Bagus Surya menambahkan upacara padiksan didasari pegangan sastra yang satu sama lainnya saling berkaitan. Seperti Yayur Weda, Whrespati Tatwa, Wiku Sesana, Ataki-taki Sewaka Dharma, Parikramaning Apodgala, Lontar Jagat Karana, dan masih ada beberapa sumber sastra lain.

Padiksan ini melalui 14 tahapan yakni Matur Piuning, Nunas Jatu Karya, Nyangling-Negtegang-Ngingsah Memanca Kertha, Dharma Yatra, Asuci Laksana, Megat Sembah, Mapinton, Mesuci Ngedas Rahina-Mediksa, Ngaturang Jauman, Ajah ajah Guru Watra, Nyegara Gunung, Ngelinggihang Weda, Matirtha Gemana, dan Apasang Lingga. "Ada juga parikamaning diksa pariksa yang merupakan salah satu bagian dari upacara Padiksan  yaitu berupa dharma tuntunan kepada calon diksita oleh guru nabe," imbuh Ida Bagus Surya.

Parikrama juga agar sang diksita memiliki pegangan atau panduan dalam menjalankan dharma agama kepada umat. Kegiatan ini bukan menguji atau memberikan ujian dan atau pertanyaan-pertanyaan kepada calon diksita.

Selanjutnya, Perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara dalam acara Diksa Pariksa hanya dalam hal admistrasi padiksan. "Semua keputusan ada pada diri seorang guru nabe," kata Ida Bagus.

Dalam kesempatan tersebut Ida Bagus Surya Wedanta sebagai Sekretaris Dharma Prawerthi Sabha Cabang Klungkung, juga mengumumkan secara resmi Surat Keputusan Sebagai Anggota Baru Dharma Ghosana Cabang Klungkung dari Perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara. Diakhir acara padiksan diserahkan SK anggota baru Dharma Ghosana kepada pasangan pedanda anyar ini oleh Ketua Dharmopadesa Klungkung IB Puja Aribawa. *wan

Komentar