nusabali

PTM Dimulai, Dishub Uji Coba Angkot Siswa Gratis

  • www.nusabali.com-ptm-dimulai-dishub-uji-coba-angkot-siswa-gratis

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar telah memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk siswa jenjang SD dan SMP sejak 20 September 2021.

Namun Dinas Perhubungan (Dishub) Gianyar baru akan menyiapkan armada untuk angkutan siswa gratis. Kepala Dishub Gianyar I Wayan Suamba menyebut persiapan armada sudah dilakukan. Namun armada masih uji coba penyesuaian selama dua minggu. "Uji coba menyesuaikan dengan jam efektif sekolah," jelas Wayan Suamba, Selasa (21/9).

Penyesuaian tersebut karena jadwal belajar siswa berbeda dari sebelum pandemi. Ada yang dapat kelas pagi maupun siang, tanpa jeda istirahat siang. Dikatakan Suamba, karena PTM berlangsung maka secara otomatis angkutan siswa gratis juga mengikuti. "Hanya saja pada September ini uji coba armada, istilahnya penyesuaian dengan waktu belajar siswa," jelasnya.

Di masa uji coba selama dua minggu ini, kata Suamba siswa tetap dilayani angkutan. Sedangkan bila PTM berlangsung permanen, 1 Oktober mendatang angkutan siswa gratis dipastikan berjalan, sesuai dengan hasil evaluasi selama dua pekan.

Disisi lain, untuk awak armada ditegaskan sudah menjalankan vaksin dua kali. "Tidak merokok saat berkendara dan dalam keadaan sehat. Pada kendaraan juga wajib ada hand sanitizer," jelasnya. Kewajiban awak armada sudah disosialisasikan saat uji coba PTM sebelumnya sehingga saat ini hanya penegasan. Ketaatan hampir sama juga berlaku pada siswa, agar tetap menjalankan prokes saat naik angkutan siswa gratis.

Suamba menyebut zona layanan pada jalur/zona Gianyar-Tampaksiring-Blahbatuh dengan 120 armada. Zona Tegallalang dengan 40 armada. Selain armada tersebut, terdapat dua bus untuk zona Tegallalang dan enam bus untuk zona Gianyar-Blahbatuh. "Zona ini kami evaluasi, apa nanti ada pergeseran armada ke jalur siswa yang padat, kami lihat nanti," ujarnya. Saat ini, Dishub Gianyar sudah siap dengan 204 angkutan desa dan 12 bus.*nvi

Komentar