nusabali

Tim Basket Putra 5x5 Targetkan Lolos Grup

  • www.nusabali.com-tim-basket-putra-5x5-targetkan-lolos-grup

DENPASAR, NusaBali
Tim Basket Putra Bali 5x5 menargetkan lolos fase grup pada PON XX/2021 di Papua, pada 29 September-9 Oktober, di GOR Basket Mimika Sport Center.

Tim Basket Putra di pool B yang dihuni Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Jawa Timur, dan tuan rumah Papua.  Sedangkan di pool A diisi Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Selatan, dan DKI Jakarta.

"Semoga kita bisa melewati lubang jarum fase grup dulu. Itu target awal yang dipasang tim," ucap pelatih kepala tim basket putra, I Gusti Ngurah Rusta Wijaya, Selasa (21/9).

Menurut Rusta Wijaya, di pool B pesaingnya cukup kuat.  Sebab yang lolos PON tim terbaik. Jadi, siapa tim yang paling siap berpotensi memenangkan pertandingan.

"Di Pool B ada tuan rumah Papua, dan Jatim. Sulut juga kuat, karena tim Bali sempat kalah tipis tiga angka saat Pra PON," tutur Rusta Wijaya, yang asisten pelatih Basket Bali United itu.

Pelatih yang juga mantan atlet basket PON Bali itu berharap atletnya dapat memperbaiki kualitas permainan mengacu Pra PON 2019.   Hal itu kualitas wajib dilakukan, apalagi dua tahun terakhir tanpa try out maupun Kejurnas. Jadi dia menargetkan lolos empat besar dulu.

“Jika lolos fase grup, target langsung ditingkatkan medali emas. Jadi, kuncinya di penyisihan grup," terang Rusta Wijaya, yang juga aktif sebagai pelatih di sejumlah sekolah di Bali.

Menurut Rusta Wijaya, fokus tim ada pada tiap pertandingan. Sebab, hasil pada tiap pertandingan sangat mempengaruhi peluang ke fase berikutnya. Apalagi, nanti sistemnya setengah kompetisi. Jadi, tiap tim sempat saling bertemu di fase grup.

Dia berharap pemainnya selalu tampil all out sepanjang pertandingan. Sebab, kemenangan akan menjadi kunci ke langkah berikutnya. Jadi, siapapun pemain yang diberikan kesempatan tampil, wajib memberikan kemampuan terbaiknya.

"Kita sudah siap dari sisi teknik dan mental untuk tampil di PON Papua," jelas Rusta Wijaya mantan pebasket nasional itu.*dek

Komentar