nusabali

Desa Adat Beng Segera Miliki Pasar Baru

  • www.nusabali.com-desa-adat-beng-segera-miliki-pasar-baru

GIANYAR, NusaBali
Desa Adat Beng, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Gianyar, segera akan memiliki pasar desa dengan bangunan baru. Karena Pemkab Gianyar kini merevitalisasi pasar setempat.

Peletakan batu pertama revitalisasi oleh Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra pada Anggara Kliwon Kulantir, Selasa (21/9). Bupati didampingi Wakil Bupati Anak Agung Gde Mayun, Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya. Turut hadir, anggota DPRD Gianyar Ketut Sudarsana, I Nyoman Alit Sutarya, Ngakan Putra.

Bendesa Adat Beng Ida Bagus Putu Bawa,62, menyatakan bersyukur karena saat gering agung Covid-19 ini, Pemkab Gianyar bisa membantu merevitalisasi pasar itu. Setahunya, pasar lama sudah sebelum zaman penjajahan Belanda, dan belum pernah direvitalisasi. Kondisinya cukup memprihatinkan. "Sesuai sejarahnya Beng ini dulunya alas Bengkel. Lambat laun datang banyak pengalu, mulai ada pasar. Pasar desa ini seingat saya, sudah ada semasa saya kecil," ujarnya.

Harapannya, revitalisasi pasar ini bisa berpengaruh positif pada perkembangan perekonomian masyarakat, khususnya di Desa Adat Beng. "Dulu namanya pasar tenten, nanti pasar ini akan dikelola oleh Desa Adat Beng, menjadi BUPDAnya desa adat," jelasnya.

Ida Bagsu Putu Bawa menyebut, total pedagang yang akan berjualan di pasar ini 36 orang. Untuk sementara, selama revitalisasi, pedagang lama direlokasi tak jauh dari pasar. "Direlokasi sementara di depan pura, setelah rampung mereka punya hak kembali berjualan disini," terangnya.

Bupati Mahayastra mengatakan karena diterjang pandemi Covid-19, rencana revitalisasi Pasar Beng ini sempat terhambat. "Pas awal Covid-19, saya rancang anggaran Rp 3,5 miliar. Kayaknya waktu itu masih terukur, namun karena Covid-19 menjadi sedikit terhambat," ungkap Mahayastra.

Bupati Mahayastra berpesan agar masyarakat Desa Beng menjaga pasar ini dengan baik. Proyek ini akan selesai Desember 2021. ‘’Saya minta prajuru sami bersama-sama awasi. Karena tidak mudah dapat kesempatan proyek pemerintah sekali jadi," pintanya.

Proyek Pasar Rakyat Desa Adat Beng ini dikerjakan oleh pelaksana PT Karya Bali Utama Perkasa dengan nilai kontrak Rp 3,8 miliar lebih. Sumber dana dari APBD Gianyar 2021 dibawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Pengerjaan mulai 12 Juli 2021, selama 140 hari kalender. Pasar direvitalisasi di atas lahan 616,05 meter persegi, akan dibangun pasar lantai II. Lantai I terdapat 4 kios, los basah 12 unit, los kering 24 unit dan toilet. Sedangkan di lantai II akan ada Pura Melanting, Bale Kulkul, ruang rapat, ruang kepala pasar, ruang menyusui, dan gudang.*nvi

Komentar