nusabali

2 Kelompok Nelayan Nusa Penida Terima Bantuan Jukung

  • www.nusabali.com-2-kelompok-nelayan-nusa-penida-terima-bantuan-jukung

SEMARAPURA, NusaBali
Dua kelompok nelayan di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, menerima bantuan jukung (perahu) dari Pemkab Klungkung.

Bantuan diserahkan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Pantai Bias Munjul, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin (20/9) pagi.  Dua kelompok nelayan tersebut, masing-masing menerima 1 unit jukung yakni Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Segara Asih dan KUB Nelayan Ayuning Segara.  Jukung dilengkapi alat tangkap jaring masing-masing 2 lembar dan baju pelampung masing-masing 2 stel.

Bantuan yang sama juga diserahkan oleh Bupati Suwirta kepada KUB Monggalan Cedok Baru Kusamba dan KUB Saman Jaya Jumpai, di Pesisir Pantai Mongalan Cedok Baru, Dusun Bingin, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (3/9) lalu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung Dewa Ketut Sueta Negara mengatakan, bantuan 2 unit jukung ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Klungkung 2021. Jukung berbahan fiber dan sudah dilengkapi mesin, jaring, dan baju pelampung. "Bantuan ini tidak diberikan kepada perorangan agar nantinya bisa dirasakan banyak nelayan. Semoga bermanfaat dan bisa digunakan dengan baik," jelas Dewa Sueta.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, berharap masing-masing KUB agar dapat menggunakan dan memanfaatkan bantuan paket nelayan ini dengan sebaik-baiknya. Selain itu, tentunya juga bisa meningkatkan produksi tangkapan nelayan disini. "Semoga bantuan ini bisa membantu nelayan menambah hasil tangkapan guna meningkatkan taraf hidup dan perekonomian nelayan," harap Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menambahkan bantuan ini diprioritaskan bagi KUB yang anggotanya masih menggunakan perahu dengan menggunakan alat bantu penangkapan ikan secara tradisional. "Bantuan ini agar bersama-sama dimanfaatkan dan dirawat sebaik-baiknya, jangan sampai mangkrak dipinggir pantai," kata Bupati Suwirta. Perahu ini, jelas Bupati, bisa digunakan bersama-sama untuk menghidupi semua anggota kelompok, dan kedepannya akan bekerjasama dengan pemindangan untuk pengolahan hasil yang didapatkan. *wan

Komentar