nusabali

Pilkada 2024, KPU Tabanan Rancang Anggaran Rp 51,1 M

  • www.nusabali.com-pilkada-2024-kpu-tabanan-rancang-anggaran-rp-511-m

TABANAN, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan sudah mulai ancang-ancang persiapan menyambut Pilkada serentak 2024, terutama soal anggaran.

Mengingat tiap Pilkada masalah anggaran ini selalu jadi pembahasan yang alot. Sosialisasi pun telah dilakukan KPU ke TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Pemkab Tabanan. Dalam sosialisasi itu terungkap kebutuhan anggaran di Pilkada 2024 di Tabanan diusulkan sebesar Rp 51.164.028.150 atau Rp 51,1 miliar lebih.

Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa didampingi Sekretaris KPU Tabanan I Nyoman Swandika mengatakan sosialisasi ini adalah koordinasi awal agar nantinya TAPD Pemkab Tabanan sudah mulai memikirkan anggaran Pilkada 2024 terlebih dalam kondisi pandemi saat ini. “Kita tahu bersama situasi anggaran saat ini, sehingga lebih awal kita sosialisasikan agar menjadi pertimbangan bersama untuk memenuhi anggaran pemilu, karena bagaimanapun pemilu harus berjalan,” ujarnya, Senin (20/9).

Menurut Weda Subawa, sesuai dengan yang diusulkan KPU RI ke DPR dan Pemerintah bahwa Pilkada serentak direncanakan 27 November 2024. “Tanggal ini baru usulan KPU ke DPR dan Pemerintah. Sekarang masih dilakukan pendalaman, kita juga masih menunggu keputusan dan penetapan pusat,” imbuhnya.

Dalam sosialisasi kepada TAPD, pihaknya hanya menyampaikan secara garis besar mulai dari rencana tahapan hingga kebutuhan anggaran yang diperlukan dalam Pilkada 2024 nanti. Sesuai dengan Rencana Kegiatan Biaya (RKB) yang disusun tim KPU Tabanan kebutuhan anggaran Pilkada Tabanan 2024 berkisar di angka 51.164.028.150 atau Rp 51,1 miliar lebih.

Anggaran tersebut 40,65 persen atau sekitar Rp 20.797.000.000 atau Rp 20,7 miliar lebih untuk kebutuhan honorarium kelompok kerja dan penyelenggara, sedangkan 59,35 persen, yakni sekitar Rp 30.366.228.150 atau Rp 30,3 miliar lebih untuk kebutuhan barang dan jasa. "Ini baru rancangan sementara. Angka ini dengan asumsi pilkada masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga ada anggaran untuk APD dan lain sebagainya,” beber Weda Subawa.

Dengan kondisi itu, pihaknya berharap pihak TAPD sudah memiliki acuan guna pemenuhan anggaran pilkada nanti. “Ini hanya sosialisasi awal, sehingga Pemkab Tabanan mulai memikirkan kebutuhan anggaran Pilkada 2024 nantinya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua TAPD Pemkab Tabanan yang sekaligus Sekda Tabanan I Gede Susila menyambut baik adanya sosialisasi yang dilakukan KPU Tabanan kepada pihaknya. “Kami mengapresiasi langkah KPU Tabanan, sehingga kami di TAPD mulai bisa memikirkan langkah-langkah untuk pemenuhan anggaran Pilkada 2024,” katanya.

Kata dia, pada prinsipnya TAPD Tabanan siap mendukung dan mensuskseskan Pilkada 2024, namun melihat situasi saat ini, hendaknya semua pihak melakukan langkah-langkah penghematan. “Mari kita bersama-sama melakukan langkah-langkah efisensi serta melakukan terobosan-terobosan bersama agar semua bisa berjalan dengan baik,” harap pejabat asal Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan ini. *des

Komentar