nusabali

Jadi Wasit Judo PON Papua, Sudarmayasa Jaga Netralitas

  • www.nusabali.com-jadi-wasit-judo-pon-papua-sudarmayasa-jaga-netralitas

DENPASAR, NusaBali
Wasit judo standar nasional A asal Bali I Nyoman Sudarmayasa dipercaya sebagai wasit pada PON XX/2021 di Papua. Karena itu, Sudamayasa siak mengedepankan netralitas saat memimpin pertandingan judo, pada 29 September hingga 3 Oktober di GOR Eme Meme Yauware Mimika, Papua.

"Wasit judo wajib netral dan berada di tengah. Tanpa harus condong ke manapun, termasuk jika atlet judo Bali bertanding," ucap Sudarmayasa di Denpasar, Minggu (19/9).

Menurutnya, wasit judo dalam memimpin pertanding tidak bisa curang. Bahkan, jika ada kesalahan dari pihak pelatih dapat protes, dengan melihat tampilan atlet bertanding melalui video ulang rekaman.

Menurut Sudarmayasa, dengan begitu wasit selalu dituntut netral. Karena kinerja wasit juga terus dinilai oleh pihak konsultatif juri.

"Kuncinya, wasit harus paham betul dengan aturan bertanding," kata Mang Dut, panggilan akrab pria asal Banjar Gelogor, Desa Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat itu.

Mang Dut sendiri terjun sebagai wasit karena berlatar belakang atlet pelatnas. Dia juga merasa ada keinginan kembali mengabdikan diri melalui jalur wasit judo nasional.

"Saya sudah dua kali memimpin pertandingan di PON, pertama pada PON Jawa Barat 2016,  lalu dua baru di PON Papua nanti," kata Mang Dut, yang meraih medali emas PON 2000 di Surabaya itu.

Demi karir ke depan, Mang Dut berharap menjadi wasit internasional, yang persyaratan minimalnya DAN III. Sekarang ini dia baru DAN II. Dia menyerahkan jenjang itu pada penilaian PB PJSI, yang ikut menentukan.

"Perasaan saya sangat senang dan bangga jadi wasit. Apalagi melihat panggilan dari PB PJSI bertugas di PON Papua. Saya jalani tugas ini tanpa beban," kata Mang Dut, yang juga peraih medali perunggu SEA Games 2007 di Jakarta itu.

Mang Dut sendiri  mengaku akan berangkat ke Mimika, Papua pada tanggal 24 September nanti. Berangkat lebih awal karena mengikuti refreshing wasit lebih dulu sebelum pertandingan. Pertandingan selama 5 hari, dan balik ke Bali tanggal 5 Oktober 2021. *dek

Komentar