nusabali

Pengerjaan Fisik Penataan Jalan Gajah Mada Capai 45 Persen

  • www.nusabali.com-pengerjaan-fisik-penataan-jalan-gajah-mada-capai-45-persen

DENPASAR, NusaBali
Proyek pengerjaan penataan kawasan Jalan Gajah Mada dan Pasar Kumbasari Denpasar terus dikebut.

Hingga saat ini progress pengerjaan fisik sudah mencapai 45 persen. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas PUPR Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta saat dihubungi, Minggu (19/9). “Sampai saat ini sudah 45 persen, ini karena kami pakai metode kerja yang sesuai di mana penggarapan dimulai dari bawah, yakni yang berada di sungai sehingga tidak terkendala saat musim hujan,” kata Jimmy.

Jimmy mengatakan sudah ada beberapa item pekerjaan yang tuntas seperti pemasangan pondasi, dasar untuk patung dan beberapa tiang pancang. “Nanti akan menyusul untuk pemasangan patung, dan ada beberapa pekerjaan yang memerlukan pabrikasi yang belum,” ungkapnya.

Dia mengaku pembangunan ini sudah sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Meskipun beberapa waktu lalu Denpasar sempat diguyur hujan namun tak mengganggu pengerjaan proyek. Dia mengatakan penataan ini menggunakan dua sumber dana, yakni dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Provinsi Bali sebesar Rp 15 miliar.

Sementara dari APBD Kota Denpasar sebesar Rp 4,5 miliar. “Karena memang sudah diantisipasi dari awal. Kami kejar untuk pembangunan pondasi yang ada di Tukad Badung, karena di jembatan Jalan Gajah Mada kami tambah 1 meter di kanan dan kiri jembatan. Ini untuk pedestrian,” imbuhnya.

Dia mengatakan penataan ini lebih menitikberatkan pada pelestarian kawasan dan tidak mengubah bentuk secara signifikan. “Bangunan tidak berubah, cuma kami lakukan peremajaan tanpa keluar dari pakem arsitektur Bali,” ungkap Jimmy.

Penataan kawasan ini pun sudah dimulai sejak Juni 2021 lalu dan ditarget rampung pada 6 Desember 2021 mendatang. Dalam penataan ini, kawasan jembatan Jalan Gajah Mada  akan dihiasi dua patung dengan nama patung Sang Kala Tri Semaya. Patung ini akan memiliki tinggi 3 meter dan digadang-gadang akan menjadi ikon baru di Denpasar. Selain itu, di halaman depan Pasar Badung juga akan dilakukan beberapa penataan dan salah satunya adalah pembangunan patung Dewi Melanting. Selain itu, pintu masuk dari Jalan Gajah Mada menuju ke Pasar Badung juga akan diperlebar. Jimmy menambahkan, penataan kawasan Jalan Gajah Mada ini akan dilakukan secara bertahap. *mis

Komentar