nusabali

Dilarang Posting Video Sembahyang di Pura Dalem Puri

  • www.nusabali.com-dilarang-posting-video-sembahyang-di-pura-dalem-puri

Umat yang menggelar upacara maajar-ajar di Pura Dalem Puri hanya diizinkan 30 orang masuk ke jeroan pura.

AMLAPURA, NusaBali

Satgas Terpadu Penanganan Covid-19 Desa Adat Besakih dan Pemerintah Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, mengeluarkan larangan memposting foto atau video persembahyangan di Pura Dalem Puri Besakih, Banjar Kedundung, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Larangan ini dibuat pasca mendapat atensi khusus Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra terkait postingan video sembahyang di Pura Dalem Puri yang viral di media sosial.

Pamangku Pura Dalem Puri, I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, membenarkan adanya larangan memposting foto maupun video persembahyangan di Pura Dalem Puri ke media sosial. Dijelaskan, Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha bersama Perbekel Besakih I Wayan Benya beserta prajuru desa adat, perangkat desa, dan pamangku sajebag Pura Besakih menggelar paruman menyikapi video viral persembahyangan di Pura Dalem Puri. Hasil paruman yakni melarang umat memposting foto atau video persembahyangan di medsos.

Umat yang menggelar upacara maajar-ajar di Pura Dalem Puri hanya 30 orang diizinkan masuk ke jeroan pura. Pamedek lainnya sembahyang dari jaba Pura Dalem Puri.

“Kami mengapresiasi sikap tegas bendesa adat dan perbekel memberlakukan larangan memposting foto atau video persembahyangan di Pura Dalem Puri Besakih agar kasus sebelumnya tidak terulang. Juga melakukan pembatasan pamedek ke jeroan pura,” jelas I Gusti Mangku Ngurah Kubayan.

Sementara Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha dan Perbekel I Wayan Benya saat dihubungi ada nada sambung, hanya saja tidak ada respons. Surat imbauan bersama tersebut telah ditayangkan di akun facebook Jro Mangku Widiartha. Umat telah mengetahui imbauan yang berisi larangan memposting foto atau video persembahyangan itu. *k16

Komentar