nusabali

Dramatis, Lord Lingard Cetak Gol, De Gea Tepis Penalti

West Ham 1 Manchester United 2

  • www.nusabali.com-dramatis-lord-lingard-cetak-gol-de-gea-tepis-penalti

LONDON, NusaBali.com - Manchester United menang dramatis 2-1 atas West Ham United dalam matchday 5 Liga Premier Inggris di London Stadium pada Minggu (19/9/2021).

Drama menegangkan terjadi di menit-menit akhir saat Jesse Lingard mencetak gol indah di menit 89. Gol ini membuat MU membalik ketinggalan menjadi unggul 2-1 atas The Hammers.  

Gol Lingard ini terasa sepesial karena Lingard pada Selasa (14/9/2021) membuat blunder di Liga Champions hhingga menyebabkan MU dikalahkan wakil Swiss, Young Boys, 2-1. Dan Lingard sendiri musim lalu adalah pemain yang dipinjamkan MU ke West Ham. Sehingga tak heran setelah mencetak gol ini, gelandang yang biasa disapa netizen dengan julukan Lord Lingard ini tak merayakan berlebihan.

Drama belum berakhir saat injury time. Luke Shaw handsball hingga wasit Martin Atkinson menunjuk titik penalti.  Drama pun berlanjut dengan dimasukkannya Mark Nobble menggantikan Jarrod Bowen. 

Masuknya Noble tanpa pemanasan ini menyandang misi dari pelatih David Moyes untuk mengeksekusi penalti.  Namun apa daya tendangan di kiri gawang MU berhasil ditepis David de Gea. “Saya juga bingung kenapa bukan Declan Rice yang menendang, karena saya lihat awalnya dia (Rice) yang pegang bola,” kata De Gea.

MU menguasai jalannya pertandingan pada menit-menit awal. Namun, mereka kesulitan menembus pertahanan West Ham.

West Ham nyaris mengejutkan MU pada menit ke-17. Said Benrahma memanfaatkan kesalahan Harry Maguire dan menyodorkan bola kepada Jarrod Bowen, yang melepaskan tembakan ke arah gawang. Sayangnya, bola masih bisa diblok oleh bek kanan United Aaron Wan-Bissaka.

West Ham kembali mendapat peluang. Bowen memenangi duel melawan Scott McTominay dan melepaskan tembakan ke gawang, yang masih diblok David De Gea dengan kakinya. Bola kemudian disambar Soucek, tetapi upayanya itu masih melambung di atas gawang.

Paul Pogba mengirim bola ke Cristiano Ronaldo di sisi kiri kotak penalti, CR7 kemudian melepaskan tembakan. Namun, bola masih mengarah tepat ke pelukan kiper Lukasz Fabianski.

Bruno Fernandes nyaris mencetak gol pada menit ke-28. Berawal dari tendangan sudut, bola jatuh ke kaki Bruno Fernandes yang ada di tiang jauh sebelum melepaskan tembakan.

Fabianski berhasil menepis dengan jarinya hingga membuat bola membentur tiang gawang.

West Ham berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-30. Tembakan Benrahma di depan kotak penalti membentur Varane hingga bola berbelok dan mengecoh De Gea sebelum masuk ke gawang. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

MU langsung bereaksi. McTominay menyodorkan umpan terobosan kepada Ronaldo yang masuk ke kotak penalti. Namun, Kurt Zouma memblok sebelum Ronaldo melepaskan tembakan.

MU menyamakan kedudukan pada menit ke-35. Fernandes melepaskan umpan yang diteruskan Ronaldo, yang dapat ditepis Fabianski. Namun, Ronaldo kembali menyambar bola muntah di depan gawang hingga membuat skor menjadi 1-1.

Ronaldo kembali menghadirkan ancaman untuk gawang West Ham melalui tembakannya Ronaldo setelah masuk dari sisi kanan dan menerima operan Mason Greenwood.

Tembakan pemain Portugal itu mengarah ke gawang, tetapi masih bisa dihentikan Fabianski. Hingga babak pertama usai, skor masih tetap 1-1.

MU langsung mendapatkan peluang di awal babak kedua setelah Fernandes menyodorkan bola ke Ronaldo, yang melepaskan tembakan. Sayangnya, Fabianski bisa memblok dengan kakinya.

Skuad asuhan Solskjaer tersebut terus menekan dan mendapat peluang pada menit ke-49 lewat sundulan Maguire setelah memanfaatkan bola sepak pojok Luke Shaw. Namun, upaya kapten United itu masih melebar dari gawang.

West Ham gantian mendapat peluang lewat sepakan Fornals di dekat gawang, hanya saja bola masih menyamping dari sasaran.

Ronaldo sempat mengklaim penalti pada menit ke-77 setelah merasa dirinya dijatuhkan Coufal. Namun, wasit menilai tidak ada pelanggaran.

MU akhirnya mencetak gol kedua pada menit ke-89. Lingard melepaskan tendangan melengkung dari dalam kotak penalti, yang menjebol pojok kanan atas gawang Fabianski. Skor 2-1 untuk tim tamu.

Hasil ini membuat MU mengumpulkan 13 poin dari lima pertandingan, dan hanya kalah selisih gol dari Liverpool. Sedangkan, West Ham masih tertahan di peringkat kedelapan dengan delapan poin. *ant, mao

Komentar