nusabali

Tiga Atlet Bali Selami Laut Papua

  • www.nusabali.com-tiga-atlet-bali-selami-laut-papua

Para atlet tetap komitmen ingin penyesuaian kondisi tempat bertanding.  Harapannya, agar mereka tahu arus air alut di Teluk Yos Sudarso, Jayapura.

PAPUA, NusaBali

Tiga atlet Laut Nomor OBA (Orientasi Bawah Air), yakni Mohammad Alfian, Dwi Marista Kartika Sari, dan Mohammad Ismail mulai mencoba dan menyelami tempat lomba di Teluk Yos Sudarso, Jayapura, Papua. Mereka akan turun di nomor 5 Point'course dan M Course, dengan didampingi pelatih dari TNI AL Bunarian. Langkah itu untuk mengetahui kondisi arus di lokasi tempat bertanding.

"Kita bersyukur dapat mencoba tempat bertanding paling awal," ucap Ketua Umum Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bali, Mayor Laut (KH) Bagus Partha Wijaya, Sabtu (18/9).

Jadwal tanding selam OBA sebenarnya pada 11-14 Oktober. Namun para atlet tetap komitmen ingin penyesuaian kondisi tempat bertanding.  Harapannya, agar mereka tahu arus air di Teluk Yos Sudarso, Jayapura.

Menurut Bagus Partha saat latihan perdana itu, mereka juga sempat bertemu atlet OBA dari Sumsel, Maluku, Jabar, Jatim, Papua Barat, Kaltara, dan tuan rumah Papua. Semua atlet Selam OBA daerah rival mendahului satu bulan menjelang bertanding sudah di Papua.

"Kita tidak melakukan ujicoba dengan daerah lain, karena masing - masing daerah lebih mengutamakan berlatih sendiri - sendiri untuk mengenal venue situasi Teluk Yos Sudarso," kata Wakil Ketua Pengadilan Militer Manado itu.

Langkah tersebut, kata pria asal Bandem Karangasem itu, sesuai tujuan datang mendahului, yakni untuk mendalami arus di lokasi bertanding. Seperti latihan pertama kali ini dapat diketahui visibiliti pagi sampai siang 4-5 meter. Dengan kondisi arus berputar antara pinggir dan tengah, kondisi pagi air laut surut dan siang mulai pasang.

Lalu keadaan gelombang pagi landau, dan siang gelombang mulai besar. Kondisi laut, kata Bagus Partha, juga banyak ubur-ubur. Dia berharap tiga minggu ke depan para atlet dapat menguasai keadaan venue di Teluk Yos Sudarso.

Bagus Partha juga mengatakan, atas nama Pengprov POSSI Bali dia mengucapkan terimakasih kepada KONI Bali atas dukungan dan kebijakan terhadap tim OBA Bali untuk berangkat lebih awal. Dia berharap kepercayaan dan dukungan itu dapat membuahkan hasil prestasi di Papua. *dek

Komentar