nusabali

161 Perenang Meriahkan Oceanman Bali 2021 di Pantai Mertasari Sanur

567 Peserta Terdaftar, 401 Orang Batal karena Pandemi

  • www.nusabali.com-161-perenang-meriahkan-oceanman-bali-2021-di-pantai-mertasari-sanur

DENPASAR, NusaBali.com - Setelah berulang kali diundur di tengah pandemi Covid-19, kejuaraan renang perairan terbuka Oceanman Bali 2021,  bisa dilangsungkan pada Sabtu (18/9/2021),  di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar.

Perlombaan yang diikuti oleh 161 peserta tersebut mempertandingkan empat kategori, Sprint (2 km), Oceankids (1 km), Half Oceanman (5 km), dan Oceanman (10 km). Adapun peserta yang mengikuti perlombaan selain dari dalam negeri juga berasal dari mancanegara.

“Peserta di empat kategori sebanyak 161 orang, yang tadinya total peserta yang sudah daftar 567 orang,” kata owner Oceanman Indonesia, Albert C Sutanto, di sela acara.

FOTO: Albert C Sutanto .-SURYADI

Albert C Sutanto yang juga mantan atlet renang nasional tersebut mengungkapkan jika akibat pandemi banyak peserta yang telah mendaftar akhirnya memutuskan untuk tidak jadi mengikuti lomba. Menurut Albert, dari seluruh peserta yang batal ikut, ada sekitar 200an peserta yang berasal dari mancanegara.

Dikatakan, Indonesia sejatinya terpilih menjadi salah satu tuan rumah dari seri kejuaraan Oceanman pada 2019. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, kejuaraan akhirnya terus diundur sampai enam kali hingga akhirnya berhasil dilaksanakan pada hari ini. “Tahun 2019 kita kan belum pandemi, jadi mereka sudah daftar semua sebetulnya,” tambah Albert mengenai pendaftaran peserta yang sudah dibuka sejak terpilihnya Indonesia menjadi salah satu tuan rumah Oceanman Global.

Oceanman Indonesia memilih menggelar perlombaan di Bali mengingat Pulau Dewata ini merupakan tujuan wisata terbesar di Indonesia. Banyak wisatawan mancanegara yang ada di Bali yang diperkirakan akan berminat mengikuti kejuaran Oceanman. Meskipun sayangnya target tersebut sedikit meleset akibat adanya pandemi.

Peserta dari mancanegara yang mengikuti lomba kali ini merupakan ekspatriat yang kebetulan tinggal atau sedang berada di Bali atau Indonesia.

Albert bersyukur kegiatan Oceanman pertama kali di Indonesia akhirnya berjalan dengan sukses. Ia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak di Bali yang telah mendukung pelaksanaan lomba, termasuk Pemprov Bali, Pemkot Denpasar, Polda Bali, Polresta Denpasar, dan pihak desa adat yang telah menerjunkan pecalang.

Sementara itu dalam perlombaan ini juga diikuti oleh atlet nasional seperti I Gede Siman Sudartawa dan Glenn Victor. I Gede Siman, meraih peringkat ketiga, sedangkan Glenn meraih posisi delapan keduanya pada kategori sprint (2 km). Pada kategori ini juara pertama diraih Timotius Mulyadi diikuti Farid Delvin Adji Syahputra di peringkat kedua.

Kejuaraan Oceanman sendiri direncanakan akan berlangsung setiap tahun di Indonesia, dan Bali menjadi prioritas utama sebagai lokasi penyelenggara. Oceanman merupakan seri kejuaraan renang di perairan terbuka yang terdiri dari 23 seri di seluruh dunia. Untuk tahun ini dikarenakan pandemi hanya tujuh seri yang diselenggarakan dengan kejuaran final akan berlangsung di Mesir pada Desember tahun ini.  *adi

Komentar