nusabali

Regu SMAN 1 Amlapura Lolos Kihajar STEM Nasional

  • www.nusabali.com-regu-sman-1-amlapura-lolos-kihajar-stem-nasional

AMLAPURA, NusaBali
Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar lomba Kihajar STEM (Kita Harus Belajar Science Technology Engineering Math) tingkat Provinsi Bali di Denpasar, Rabu (15/9).

Regu SMAN 1 Amlapura dengan karya alat pengusir hama burung meraih juara III dan lolos ke lomba Kihajar STEM nasional. Tiga siswa yang mewakili regu SMAN 1 Amlapura yakni Ida Ayu Widnyani, Komang Pradana Yogi Permana, dan Putu Sun Gita Nirajanari. Ketiganya siswa kelas XII IPA4.

Kasek SMAN 1 Amlapura, I Ketut Marta Ariana, mengatakan siswa berinovasi membuat rangkaian alat pengusir hama burung yang diberinama automatic repellent machine (ARM). Hasil karya tersebut dipresentasikan melalui video. Lomba Kihajar STEM Tingkat Provinsi Bali 2021 digelar secara online mulai Mei 2021. Materi lomba yakni tes basic dan test intermediate secara tertulis. Saat final, para peserta diwajibkan membuat video problem solving berisi tema dan permasalahannya serta presentasi dalam bentuk video.

Final Kihajar STEM tingkat provinsi digelar pada Rabu (15/9) lalu. Peserta yang masuk tiga besar dinyatakan lolos ke lomba Kihajar STEM tingkat Nasional. “Panitia belum menentukan waktu pelaksanaan lomba tingkat nasional,” ungkap Marta Ariana didampingi guru pembina I Wayan Candra Cahyadi. Sementara Wayan Candra Cahyadi mengatakan, alat pengusir hama burung yang dirakit berisi sumber daya sensor ultrasonik untuk mendeteksi adanya hama burung.

Hasil deteksi hama burung itu diteruskan ke ardiuno yang menghidupkan dynamo. Ardiuno akan memutar stik dan stik memukul lempengan besi sehingga menghasilkan suara bising yang bisa membuat burung-burung pipit terbang berhamburan. “Biaya yang kami habiskan untuk membuat karya ini sekitar Rp 900.000, sangat efektif bagi petani untuk mengusir hama burung. Tidak perlu jaga tanaman padi di sawah,” kata Candra Cahyadi. Sementara lomba sebanyak lima tahapan. Mulai dari basic, intermediate, problem solving video tema, dan presentasi. Agar sampai ke tahapan presentasi, mesti lulus di tahapan sebelumnya.

Lomba Kijahar STEM tingkat Provinsi Bali diikuti 18 tim. Sejumlah SMA di Bali ada yang menyertakan dua tim. Juara I diraih SMAN 2 Kuta Badung, juara II SMAN 1 Blahbatuh Gianyar, juara III SMAN 1 Amlapura, dan juara IV SMAN 2 Amlapura. *k16

Komentar