nusabali

Persiapan Piodalan di Kantor Lurah, Bhabinkamtibmas Ngulat Kelabang

  • www.nusabali.com-persiapan-piodalan-di-kantor-lurah-bhabinkamtibmas-ngulat-kelabang

NEGARA, NusaBali
Pemandangan yang cukup menarik terlihat di aula Kantor Lurah Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, Jumat (17/9) pagi.

Sambil memantau persiapan upacara piodalan padmasana di kantor lurah setempat, Bhabinkamtibmas II Kelurahan Baler Bale Agung Aiptu I Putu Budi Arnaya, membantu staf kelurahan setempat ikut ngulat kelabang (menganyam daun kelapa) yang biasa digunakan sebagai kelengkapan upacara umat Hindu.

Aiptu Budi Arnaya mengatakan, pembuatan kelabang tersebut adalah sebagai persiapan upacara piodalan padmasana di Kantor Lurah Baler Bale Agung yang akan dilaksanakan pada Anggara Kliwon Kulantir, Selasa (21/9) nanti. Kebetulan, dirinya bisa membuat kelabang sehingga ikut membantu staf kelurahan setempat.

“Hari ini (kemarin) dilakukan kegiatan nuasanin yadnya (mengawali persiapan upacara), yang diawali dengan nanceb surya. Kemudian dilanjutkan dengan ngewangun bale banten (balai tempat upakara), dan pembuatan kelengkapan lain. Salah satunya pembuatan kelabang (anyaman daun kelapa),” ucap Aiptu Budi Arnaya.

Aiptu Budi Arnaya menjelaskan, ada banyak jenis kelabang yang dikenal di Bali yang kesemuanya mempunyai makna dan fungsi masing-masing. Kelabang yang dibuat untuk persiapan upacara piodalan di kantor lurah itu, adalah jenis kelabang mantri. “Kebetulan saat ini kami membuat kelabang mantri. Sebagai fungsi untuk ngilangin sarwa leteh atau menghalangi energi buruk dalam pelaksanaan yadnya,” ujarnya.

Sementara di tempat terpisah, Kapolsek Negara AKP I Gusti Made Sudarma Putra mengapresiasi peran aktif Aiptu I Putu Budi Arnaya. Apa yang dilakukan Aiptu Budi Arnaya itu patut dicontoh sebagai upaya membangun sinergitas dan kebersamaan bersama warga. “Peran dan fungsi Bhabinkamtibmas untuk hadir di tengah masyarakat, menjalin komunikasi dengan warga, tentunya sangat membantu dalam mewujudkan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang kondusif dan sehat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Kita apresiasi peran aktif itu,” ucapnya. *ode

Komentar