nusabali

Disdukcapil Klungkung Gelar Donor Darah

  • www.nusabali.com-disdukcapil-klungkung-gelar-donor-darah

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klungkung, kembali menggelar kegiatan kemanusiaan  berupa donor darah.

Kegiatan dilaksanakan di lantai dua ruang rapat Kantor Disdukcapil, dihadiri Wakil Bupati Klungkung yang juga Ketua PMI Klungkung I Made Kasta, Kamis (16/9).

Wabup Kasta juga sebagai peserta donor. "Sering saya mencoba untuk ikut donor darah namun karena kondisi tekanan darah yang agak tinggi jadinya keinginan untuk donor pun akhirnya ditunda. Namun kali ini saya beruntung sekali bisa ikut mendonorkan darah, dan ini untuk yang kedua kalinya," ujar Wabup Kasta.

Wabup Made Kasta menyampaikan, semenjak masa pandemi, stok darah di PMI kian menipis. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan relawan donor darah guna memastikan keamanan pasokan darah di Klungkung. Kata dia, aksi ini sangat membantu PMI Klungkung dalam persediaan darah bagi yang membutuhkan. "Semoga OPD lain bisa mengikuti aksi sosial Disdukcapil ini, demi kemanusiaan," ujar Wabup Kasta.

Wabup Kasta mengatakan tidak perlu ragu untuk mendonorkan darah. Karena petugas donor telah menerapkan protokol kesehatan, serta darah akan melalui uji saring yang ketat dari PMI memastikan pula keamanan transfusi darah ke penerima. "Ayo, mari kita lakukan donor darah. Setetes darah anda, nyawa bagi sesama," ujar Wabup Kasta.

Kepala Dinas Dukcapil Klungkung Komang Dharma Suyasa mengatakan aksi sosial ini dilakukan rutin setiap tiga bulan sekali. Peserta donor tidak terbatas hanya para pegawai Kantor Dukcapil, namun juga para perangkat desa dan masyarakat umum. "Menyumbangkan sebagian darah untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan menjadi suatu sumbangan berarti dalam kehidupan sosial bermasyarakat, terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir, " ujar Dharma Suyasa. *wan

Komentar