nusabali

Uji Kompetensi Tunggu Izin Satgas

  • www.nusabali.com-uji-kompetensi-tunggu-izin-satgas

AMLAPURA, NusaBali
Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Karangasem masih menunggu izin Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karangasem untuk menggelar uji kompetensi pelatihan paket listrik gelombang IV.

Pelatihan paket listrik diikuti 16 orang. Pelatihan dibiayai APBN. Lulusan calon tenaga kerja dapat dua sertifikat yakni sertifikat lulus mengikuti pelatihan dan lulus mengikuti uji kompetensi. Kadis Ketenagakerjaan Karangasem, I Nyoman Suradnya, mengakui belum bisa menggelar uji kompetensi. “Kami akan ajukan izin lagi ke satgas. Sebelumnya sudah mengajukan izin, namun belum dapat rekomendasi karena saat itu masih PPKM level IV,” jelas Nyoman Suradnya, Kamis (16/9). Sedangkan sembilan paket pelatihan lainnya telah tuntas, semuanya dinyatakan kompeten dan siap kerja. Sembilan paket pelatihan itu yakni processing (teknis membuat roti), listrik, AC, kitchen, desain grafis, waiter, pariwisata dua paket, dan sepeda motor

Menurut Nyoman Suradnya, secara teknis tidak ada kendala menggelar uji kompetensi. UPTD BLK Karangasem telah berkoordinasi dengan UPTD Lombok Timur, NTB untuk mendatangkan instruktur penguji. Selama ini pelatihan di bawah koordinasi UPTD Lombok Timur yang telah memiliki LSP (lembaga sertifikasi profesi). “Kami agendakan uji kompetensi akhir September atau awal Oktober, mudah-mudahan saat itu keluar izin dari satgas,” harap Nyoman Suradnya.

Kepala UPTD BLK Karangasem, I Komang Eli Kusuma, mengatakan usai mengikuti pelatihan, tidak sekadar memahami teknis yang diikuti, juga dapat legitimasi dengan mengikuti uji kompetensi. Di mana pun nantinya melamar pekerjaan, kemampuannya diakui karena telah mengantongi sertifikat uji kompetensi. Instruktur pelatihan paket listrik, Made Sariana dan Komang Selamet Riarsa berharap uji kompetensi bisa terlaksana karena telah menuntaskan pelatihan tingkat dasar. “Kami tetap memanggil peserta pelatihan untuk memahirkan kemampuan mereka jelang uji kompetensi,” kata Made Sariana.

Salah seorang peserta, I Gede Astawa dari Lingkungan Padangkerta Kaler, kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem juga berharap segera bisa ikut ujian. “Tinggal menunggu uji kompetensi. Saya datang kembali mengikuti pelatihan untuk persiapan uji kompetensi,” jelas Gede Astawa. *k16

Komentar