nusabali

Persiapan PTM, Persetujuan Orangtua Hampir 100 Persen

  • www.nusabali.com-persiapan-ptm-persetujuan-orangtua-hampir-100-persen

SEMARAPURA, NusaBali
Dukungan para orangtua/wali murid untuk penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Klungkung, sangat tinggi.

Hal ini ditunjukkan dengan tingkat persetujuan orangtua/wali murid untuk anaknya yang akan ikut PTM mencapai 95,65 persen untuk tingkat SD. Sedangkan untuk jenjang SMP mencapai 93 persen.

Bagi orangtua yang tidak mengizinkan anaknya mengikuti PTM maka siswa yang bersangkutan bisa mengikuti pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Klungkung I Ketut Sujana, saat mengikuti rapat dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19, di ruang Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (16/9).

Dalam rapat diungkapkan, kesiapan PTM ini juga diperkuat dengan tingginya capaian vaksinasi untuk siswa maupun guru di Gumi Serombotan. Setidaknya, cakupan vaksimasi untuk siswa usia 12 sampai 17 tahun di Klungkunh mencapai 98,19 persen, sedangkan cakupan vaksinasi untuk guru mencapai 95,85 persen. "Secara prinsip kita sudah siap dari segi prasarana PTM terbatas sesuai protokol kesehatan (prokes) Covid-19," ujar Sujana.

Kendati sudah siap melaksanakan PTM, jelas dia, hingga saat ini Disdik Klungkung masih menunggu surat penegasan dari Pemprov Bali. Sehingga PTM nantinya bisa serirama baik dari tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK yang berada di kewenangan provinsi. "Bagi guru yang belum divaksinasi tidak boleh mengajar PTM namun bisa tetap mengajar lewat daring," imbuh Sujana.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, mengatakan berkaitan dengan PTM masih menunggu penegasan kembali dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Bupati Suwirta mengatakan pada intinya di kabupaten sudah siap menerapkan PTM dan tinggal memantapkan lagi persiapan yang sudah disiapkan. Di antaranya, mengecek kembali sarana dan prokes di masing-masing sekolah. "Tempat cuci tangan, perlu dicek lagi apakah sudah lengkap isi air, sabun dan yang lainnya," ujar Bupati Suwirta. *wan

Komentar