nusabali

Rencana Pembukaan Wisata, 'PeduliLindungi' Disiapkan di DTW

  • www.nusabali.com-rencana-pembukaan-wisata-pedulilindungi-disiapkan-di-dtw

SINGARAJA, NusaBali
Sejumlah Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Kabupaten Buleleng mulai mempersiapkan diri menyambut rencana uji coba pembukaan DTW.

Pemerintah Daerah juga mempersiapkan uji coba pembukaan DTW dengam pemasangan perangkat scan barcode QR penunjang operasi aplikasi PeduliLindungi di DTW yang siap.

Uji coba pembukaan aktifitas di DTW ini telah dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 39 Tahun 2021 dan SE Gubernur Bali No. 15 Tahun 2021. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini mengatakan, mengacu Inmendagri dan SE Gubernur itu, pembukaan aktifitas wisata pada masa PPKM level 3 saat ini masih tahap uji coba.

DTW yang melaksanakan uji coba ini adalah objek dengan segmentasi wisata alam dan wisata budaya. DTW yang akan diikutkan dalam uji coba ini harus memenuhi sejumlah syarat penting, seperti kapasitas kunjungan 50 persen dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Selain itu, syarat mutlak lainya adalah setiap pengunjung wajib untuk menggunakan apliaksi PeduliLindungi.

Syarat untuk melaksanakan uji coba itu sejauh ini telah disebarkan kepada pengelola DTW di gumi Den Bukit. "Kami mengikuti Inmendagri dan SE Gubernur Bali. Sementara syarat untuk melaksanakan ujicoba sudah kami sampaikan kepada pengelola DTW dan yang siap dan melengkapi syarat itu pembukaanya akan diujicoba," kata Rousmini, yang juga Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Buleleng ini.

Sembari menunggu kesiapan pengelola DTW, pihak Dispar bersama Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng berkoordinasi terkait pemasangan titik barcode scan QR PeduliLindungi di DTW. "Kami masih berkoordinasi. Kalau sudah dipasang, pengelola menyiapkan aplikasi dan mengarahkan pengunjung melakukan scan barcode dulu sebelum masuk ke DTW," tandas Rousmini. *mz

Komentar