nusabali

Koster Dukung Indonesian Youth Championship

Turnamen yang Libatkan Tim U-20 Barcelona, MU, Real Madrid Digelar di Bali

  • www.nusabali.com-koster-dukung-indonesian-youth-championship

DENPASAR, NusaBali
Bali mendapat kehormatan sebagai tuan rumah tarung babak penyisihan turnamen sepakbola junior bertajuk ‘Indonesian Youth Championship’, 5-12 Desember 2021 mendatang.

Gubernur Bali Wayan Koster pun mendukung penuh turnamen yang akan melibatkan Tim U-20 dari sejumlah klub elit belahan Eropa seperti Barcelona, Real Madrid, Liverpool, Manchester Unitesd, dan Chelsea ini.

Hal ini terungkap saat Perwakilan Penyelenggara ‘Indonesian Youth Championship 2021’, I Gede Widiada, audiensi kepada Gubernur Koster di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Komplek Jaya Sabha Denpasar, Kamis (16/9). Gede Widiada menyebutkan, turnamen sepakbola ‘Indonesian Youth Championship 2021’ ini akan digelar 5-12 Desember mendatang.

Bali kebagian job sebagai tuan rumah untuk tarung babak penyisihan, 5-9 Desember 2021. Laga babak penyisihan nantinya akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Sedangkan tarung babak final akan dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, 12 Desember 2021 mendatang.

Menurut Widiada, turnamen ‘Indonesian Youth Championship 2021’ ini akan melibatkan Tim U-20 (bawah usia 20 tahun). Yang sudah memastikan ikut tampil, kata Widiada, adalah Tim U-20 Barcelona (Spanyol), Real Madrid (Spanyol), Manchester United (Inggris), Liverpool (Inggris), dan Chelsea (Inggris).

Widiada memastikan seluruh tim peserta dan staf yang terlibat dalam turnamen Indonesian Youth Championship 2021 ini nantinya akan diatur dengan protokol kesehatan yang disiplin dan ketat, guna mence-gah risiko penularan Covid-19. "Turnamen ini juga kita setting untuk dilaksanakan tanpa penonton di stadion, namun secara virtual," jelas Widiada di hadapan Gubernur Koster saat audiensi kemarin.

"Ini momentum untuk mempromosikan Bali dan Indonesia umumnya, karena turnamen ini akan menghadirkan Tim U-20 dari klub-klub ternama di Eropa. Kita ingin klub-klub yang hadir ini bisa menceritakan langsung kepada dunia luar soal bagaimana kondisi Bali yang sesungguhnya,” lanjut mantan owner Persija Jakarta ini.

Sementara itu, Gubernur menyambut baik digelarnya turnamen sepakbola junior bertaraf internasonal dengan tajuk ‘Indonesian Youth Championship 2021’ di Bali ini. Gubernur Koster pun mendukung pe-nuh event akbar yang akan jadi ajang promosi yang efektif untuk Bali sebagai destinasi pariwisata dunia ini.

"Saya sangat setuju ini (digelarnya Indonesian Youth Championship 2021). Saya tentu menyambut baik dan dukung turnamen sepakbola ini," jelas Gubernur Koster di Jaya Sabha Denpasar, Kamis kemarin.

Namun, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka turnamen sepakbola di Stadion Kapten Wayan Dipta Gianyar ini akan dilaksanakan tanpa penonton. Nantinya, penonton hanya bisa menyaksikan pertandingan secara virtual.

Guna menyukseskan turanemn ‘Indonesian Youth Championship 2021’ tersebut, Gubernur Koster mengharapkan seluruh tim peserta dan ofisial hadir agar tetap menjalankan prokes dengan baik.

Menurut Koster, turnamen sepakbola berkelas internasional ini akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Bali, yang tengah memulihkan diri dari dampak pandemi Covid-19. "Turnamen ini juga sejalan dengan program yang kita canangkan, yakni menggeliatkan Sport Tourism di Pulau Dewata," tandas Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga menjabat Ketua DPD PDIP Bali ini.

Turnamen ‘Indonesian Youth Championship 2021’ itu sendiri akan menjadi semacam ajang pemanasan, sebelum Bali bertindak sebagai tuan rumah pesta sepakbola akbar Piala Dunia U-20 Tahun 2023 mendatang. Seharusnya, turnamen akbar Piala Dunia U-20 digelar di Stadion Kapten Wayan Dipta Gianyar tahun 2021 ini. Namun, karena pandemi Covid-19, Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023.

Terkait Piala Dunia U-20 tersebut, dilakukan renovasi Stadion Kapten Wayan Dipta, yang penggarapannya telah dimulai dengan groundbreaking (peletakan batu pertama) oleh Gubernur Koster pada Sukra Umanis Merakih, Jumat, 6 November 2020 lalu. Renovasi stadion sudah tuntas tahun 2021 ini.

Bukan hanya Stadion Kapten Wayan Dipta sebagai venue utama Piala Dunia U-20 Tahun 2023 yang direnovasi. Ada 4 stadion/lapangan penunjang untuk tempat latihan tim peserta Piala Dunia U-20 yang juga direnovasi, yakni Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Stadion Gelora Tri Sakti Legian (Kecamatan Kuta, Badung), dan Stadion Samudra Kuta (Badung). *nat,nar

Komentar