nusabali

Jokowi Minta Harga Pakan Jagung Rp4.500 Kg

  • www.nusabali.com-jokowi-minta-harga-pakan-jagung-rp4500-kg

JAKARTA, NusaBali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut menginstruksikan harga pakan jagung untuk peternak sebesar Rp4.500 per kg.

Instruksi ini diungkapkan oleh Ketua Pinsar Petelur Nasional (PPN) Yudianto Yosgiarso setelah diundang ke Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (15/9).

Yudianto menjelaskan Jokowi memberikan instruksi langsung kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perdagangan M Lutfi untuk memberikan harga pakan jagung Rp4.500 per kg kepada peternak.

"Pak Jokowi menginstruksikan menteri pertanian dan menteri perdagangan secepatnya karena kondisi pakan saat ini mahal, Pak Jokowi menginstruksikan bahwa peternak harus diberikan pakan jagung Rp4.500," ungkap Yudianto seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Yudianto berharap Kementerian Pertanian segera mengimplementasikan instruksi Jokowi. Dengan demikian, harga pokok produksi (HPP) peternak bisa turun dan menekan kerugian.

Menurutnya, harga pakan jagung beberapa waktu terakhir melonjak menjadi Rp6.000 per kg. Padahal, normalnya sekitar Rp4.500 per kg.

"Kami menagih janji ini karena saat ini telur khususnya kami peternak telur rugi besar," terang Yudianto.

Di samping itu, ia juga meminta kepada Kementerian Sosial untuk menggunakan telur dalam menyalurkan bantuan sosial (bansos). Bantuan itu bisa masuk dalam program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

"Dan kami mengimbau pelaksanaan tidak seperti kemarin-kemarin. Pelaksanaan kemarin-kemarin digabung dua sampai tiga bulan, makanya ada kekosongan dalam penyerapan telur," jelas dia.

Sementara, Ketua Koperasi Blitar Sukarman mengatakan pemerintah akan memberikan pakan jagung dengan harga Rp4.500 per kg sebanyak 30 ribu ton.

Ia mengusulkan agar pemerintah juga mempersiapkan stok pakan jagung untuk kebutuhan jangka menengah peternak. Stok pakan bisa dilakukan oleh Perum Bulog atau BUMN lain.

"Agar pada saat jagung tidak panen, stok jagung itu dikeluarkan dan harga stabil," kata Suparman.Sebelumnya, Peternak Blitar Suroto membentangkan poster saat Jokowi melambaikan tangan dari jendela mobil ketika melaju dari area vaksinasi Covid-19 ke makam Bung Karno di Blitar, Selasa (7/9).

Poster yang ia bentangkan itu bertuliskan, "Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar." *

Komentar