nusabali

Jaga Imun, Gus Pur Gowes Keliling Bali

  • www.nusabali.com-jaga-imun-gus-pur-gowes-keliling-bali

DENPASAR, NusaBali
Sekretaris Askot PSSI Denpasar Ida Bagus Purnaya memperbanyak gowes untuk menjaga imun tubuh, dengan mengelilingi Bali.

Pria yang akrab disapa Gus Pur itu menargetkan rata-rata naik sepeda 40 km sekali gowes. Jadwalnya tiap pekan t3 kali, sehingga jarak yang ditempuh pun tembua 120 km.

Menurut Gus Pur di Denpasar pada Rabu (15/9), selain rutin gowes jarak dekat 40-50 km, dia seminggu sekali gowes jarak jauh, dengan ke berbagai tempat. Bahkan gowes ke Canggu dan Desa Petang di Badung, kadang juga ke Desa Sidemen Karangasem, Tanah Lot Tabanan, dan ke obyek wisata Penglipuran Bangli. Start gowes dimlai dari tempat tinggalnya di Jl. Sutoyo Banjar Gemeh Desa Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat.

Menurut Gus Pur, apa yang dilakukan untuk mendapatkan aura alam. Menurutnya, seperti charger baterai dapat dekat dengan alam. Apalagi, setiap gowes rata-rata beristirahat di suasana pegunungan, yang kiat mendekatkan diri dengan alam.  

"Sejak kecil memang saya senang naik sepeda gayung. Merasakan lutut sangat terbantu sekali," tutur Gus Pur. Gus Pur yang dari Banjar Sintrig, Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal Badung itu sempat merasakan lutut agak nyeri. Namun usai rutin gowes lututnya terasa agak kuat. Bahkan, Gus Pur yang senang olahraga sepakbola merasakan manfaatnya lebih. Kenceng lari main sepakbola. Tak hanya itu, gowes juga bagus untuk jantung. Bisa sekaligus rekreasi dan dapat gembiranya.  

Gus Pur yang juga Guru Bahasa Inggris di SMKN 3 Sukawati itu mengaku sempat gowes berjarak 363 km pada Agustus lalu. Yakni, dimulai dari Denpasar ke Tabanan ke  Perbatasan Tabanan dan Negara - istirahat di Segara Rupek, Jembrana. Kemudian langsung menuju Buleleng istirahat di Pantai Lovina. Kemudian melanjutkan perjalanan ke ujung Timur Karangasem dan kembali menuju arah Denpasar melalui Klungkung dan Gianyar. *dek

Komentar