nusabali

Industri Pastikan Sediakan QR Code

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi

  • www.nusabali.com-industri-pastikan-sediakan-qr-code

DENPASAR,NusaBali
Kalangan pelaku industri pariwisata memastikan sudah menyediakan QR Code yang wajib discan oleh pengunjung dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk memonitor kondisi pengunjung, apakah positif atau tidak pandemi Covid-19.

Penerapan tersebut merupakan kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan lainnya.

“Itu  hotel sudah pasang,” ujar I Made Ramia Adnyana, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat  Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), Selasa (14/9).

Selain mengantisipasi pembukaan atau normalisasi pariwisata Bali, pemasangan QR Code tersebut sebagai tanggung jawab pihak industri ikut penanggulangan penularan dan  menekan kasus Covid-19. Selain upaya-upaya lain  yang telah dilakukan industri, diantaranya aktif dalam proses program vaksinasi baik tahap I maupun II.

“Jadi kami di industri sudah siap,” tegas Ramia Adnyana yang juga Wakil Ketua Umum DPP Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) ini.

Sebagaimana  diketahui lanjut Ramia Adnyana, dengan aplikasi PeduliLindungi akan diketahui informasi seseorang atau pengunjung, dalam hal ini  kaitannya dengan Covid-19. Apakah sudah divaksin atau belum dan lainnya. “Itu sosialisasi dilakukan sudah sejak lama,” tandas Ramia Adnyana.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata (Kadiparda) Bali I Putu Astawa, menyatakan saat ini 3.116 fasilitas pariwisata, mulai dari hotel,DTW, tempat pertunjukkan dan yang lainnya sudah memasang QR Code untuk aplikasi PeduliLindungi. “Kita kerjasama dengan GIPI dan industri lainnya,” ujar Astawa, Senin (13/9).

Sampai saat ini sosialisasi pemasangan QR Code tersebut terus dilakukan. Untuk kabupaten/kota, disampaikan oleh Kadiparda Kabupaten/Kota. “Masih terus ditindaklanjuti,” ujar Astawa. *K17

Komentar