nusabali

Supadma Rudana Sumbang Modal Usaha ke Pedagang Canang

Nunas Ica di Pura Agung Besakih

  • www.nusabali.com-supadma-rudana-sumbang-modal-usaha-ke-pedagang-canang

DENPASAR,NusaBali
Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang juga Anggota Komisi VI DPR RI membidangi perdagangan, UMKM dan BUMN, Putu Supadma Rudana nangkil (sembahyang) ke Pura Agung Besakih, Desa Pakraman Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Soma Paing Ukir, Senin (14/9) petang untuk pulihnya Pandemi Covid-19 di Bali.

Sebelum sembahyang di Pura terbesar di Bali ini, Supadma Rudana turun ke parkiran menyambangi para pelaku usaha kecil, pedagang asongan, pemilik warung, pedagang canang, hingga fotografer freelance alias tukang foto. Supadma Rudana menggelontor modal usaha untuk para pelaku usaha tersebut untuk tetap bisa bangkitkan ekonomi kerakyatan di masa pandemi Covid-19. Ada sekitar 7 orang tukang foto yang ketiban rejeki nomplok itu.

Kehadiran Supadma Rudana di Pura Besakih untuk kesekian kalinya sejak duduk di DPR RI dapil Bali periode 2017-2019 dan 2019-2024. Pada September Tahun 2017 saat Gunung Agung erupsi, Supadma Rudana nangkil sekaligus menyambangi pengungsi Gunung Agung, dengan memberikan bantuan sembako.

Nah, saat nangkil Senin kemarin, tepat saat status Gunung Agung diturunkan levelnya dari level II (waspada) ke level I (normal) oleh Kementerian ESDM RI.

Supadma Rudana mengatakan dirinya lebih dulu menyambangi pedagang canang, pemilik warung hingga tukang foto yang mengandalkan kehadiran turis yang menggunakan jasa mereka. "Di tengah Pandemi Covid-19 ini, tukang foto, pelaku UMKM dan pedagang asongan terkena dampaknya. Kita membantu dengan modal usaha. Walaupun kecil, setidaknya mereka bisa bertahan di masa Pandemi Covid-19 ini," ujar praktisi pariwisata yang juga Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia.

Setelah menyambangi pelaku UMKM di Parkiran Pura Besakih dan tukang foto, didampingi Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha, Supadma Rudana melakukan persembahyangan bersama dengan krama yang juga saat itu hadir nangkil. Supadma Rudana menegaskan sembahyang di Pura Besakih untuk nunas kerahayuan Jagat Bali.

"Dengan sembahyang dan nunas ica (memohon anugerah) di Pura Besakih, Pandemi Covid-19 cepat berlalu, dunia ini kembali kepada situasi normal, ekonomi masyarakat Bali juga pulih. Semakin banyak yang berdoa, semakin baik untuk kerahayuan Jagat Bali," ujar Alumni Webster University, Amerika Serikat ini.

Usai sembahyang, Supadma Rudana bersama relawan menyerahkan punia dan sembako kepada Jero Mangku dan Pengayah di Pura Besakih. "Mohon maklum, walaupun cuma beras tetapi bisa bertahan di masa Pandemi Covid-19 dengan ekonomi sulit. Lain kesempatan saya akan datang lagi," ujarnya kepada Jero Mangku dan Pengayah di Pura Besakih. *nat

Komentar