nusabali

Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Pura

  • www.nusabali.com-hujan-deras-pohon-tumbang-timpa-pura

TABANAN, NusaBali
Hujan deras mengguyur Tabanan membuat sejumlah pohon bertumbangan pada Senin (13/9).

Bahkan sebatang pohon tumbang menimpa dua palinggih Pura Batur di Banjar Tegal Baleran, Desa Dauh Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan. Kerugian diperkirakan Rp 80 juta.  Pohon tumbang jenis bentawas yang menimpa pura ini terjadi pada Minggu (12/9) sore. Sementara itu, pohon yang bertumbangan pada Senin (13/9) berlokasi di dua titik, yakni di depan SMAN 1 Kediri kawasan Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri. Pohon jati ini tumbang hingga menutup badan jalan. Dan lokasi kedua berada di timur Kantor Bupati Tabanan, kawasan Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan. Pohon jenis nangka ini tumbang hingga menutup setengah badan jalan.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika, menjelaskan keseluruhan pohon yang tumbang sudah ditangani oleh tim TRC. Tim bergerak menyebar menangani tiga lokasi tersebut. “Kami sudah tangani bersama tim,” jelasnya.

Khusus pohon tumbang yang menimpa palinggih di Pura Batur memang baru ditangani pada Senin kemarin. Karena sebelumnya prajuru adat harus menggelar matur piuning. “Pohon yang tumbang ini timpa dua palinggih, satu di antaranya palinggih piasan,” kata Trisna Widiatmika.

Kerugian total atas peristiwa pohon tumbang yang menimpa Pura Batur mencapai Rp 80 juta. “Kerugiannya banyak, karena palinggih piasannya baru,” tandas Trisna Widiatmika. *des

Komentar