nusabali

Puspa Terpilih Jadi Ketua Fraksi, Darmika Pimpin Kunker

Kiprah Wakil Bali di Parlemen Remaja 2021

  • www.nusabali.com-puspa-terpilih-jadi-ketua-fraksi-darmika-pimpin-kunker

JAKARTA, NusaBali
Wakil Bali di ajang Parlemen Remaja 2021, Ni Made Puspaningsih (Puspa) terpilih sebagai Ketua Fraksi Majapahit. Sementara wakil Bali lainnya Putu Darmika Susilawati menjadi Ketua Kunjungan Kerja (Kunker) pada, Rabu (15/9) besok.

Hal itu terungkap saat Pembukaan Parlemen Remaja secara virtual oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Pembukaan Parlemen Remaja dilakukan oleh Ketua DPR RI. Beliau juga sekaligus menyerahkan palu sidang kepada Ketua Parlemen Remaja. Di Parlemen Remaja saya terpilih sebagai Ketua Kunker ke TVRI," ujar Darmika kepada NusaBali, Senin (13/9). Mendapat kepercayaan itu, Darmika merasa bersyukur. Simulasi kunker nantinya akan dilakukan secara virtual. Sebagai Ketua, pelajar Kelas XII SMAN 1 Bebandem, Kabupaten Karangasem ini akan memimpin jalannya kunker.

Kemudian memberikan sambutan, memandu pemaparan materi narasumber dan kegiatan tanya jawab dengan narasumber. Selanjutnya menyampaikan hasil kunker. Darmika sendiri berada di Fraksi Pagaruyung. Menurut Darmika, dalam Parlemen Remaja terbagi lima fraksi.

Selain Fraksi Pagaruyung, ada Fraksi Majapahit, Fraksi Samudra Pasai, Fraksi Kutai dan Fraksi Tidore. Lalu ada yang berperan sebagai pemerintah. Oleh karena itu, 131 peserta dari 34 provinsi dibagi ke dalam lima fraksi dan pemerintah.

"Di bagian pemerintah ada empat orang, Fraksi Majapahit 31 orang, Fraksi Pagaruyung 26 orang, Fraksi Samudera Pasai 25 orang, Fraksi Kutai 25 orang dan Fraksi Tidore 20 orang," jelas anak dari pasangan I Nengah Sudariyana dan Ni Made Rening ini.

Sementara Puspa yang terpilih sebagai Ketua Fraksi Majapahit juga merasa bersyukur. Terlebih temannya sesama perwakilan Bali memegang posisi pimpinan pula. "Astungkara bersyukur sekali. Walau perwakilan Bali hanya 2 orang, tapi saya dan teman saya bisa berkolaborasi dan berpartisipasi selaku pimpinan," jelas Puspa.

Pelajar Kelas XII SMAN 2 Abiansemal, Kabupaten Badung ini terpilih sebagai Ketua Fraksi Majapahit setelah menyisihkan enam kandidat lainnya. "Pemilihan awal ada tujuh calon. Dua orang mengundurkan diri. Tersisa 5 calon. Untuk jumlah suara dirahasiakan oleh panitia pemilihan. Mereka hanya mengumumkan hasil saja," papar Puspa.

Sebagai Ketua Fraksi Majapahit, anak dari pasangan I Nyoman Oka Sujana dan Ni Nyoman Suartini ini akan berusaha menjadi pemimpin yang membumi, mengarahkan anggota fraksinya, memimpin rapat dan mengambil keputusan. Sekarang, kata Puspa, sedang masa pemutusan sikap fraksi untuk DIM (Daftar Inventarisasi Masalah) diskusi mengenai penyiaran.

"Jadi, lumayan besar tanggung jawab yang saya pikul untuk kegiatan kali ini. Saya akan berusaha melakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin," ucap Puspa. Saat pembukaan, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, para peserta Parlemen Remaja akan belajar cara wakil rakyat bekerja dalam mengambil keputusan

“Kalian akan belajar dengan simulasi beberapa kegiatan utama yang dilakukan di DPR. Antara lain, Kunjungan Kerja, Rapat Dengar Pendapat Umum, Rapat Kerja, dan Rapat Paripurna,” jelas Puan. Mereka juga akan mendapat berbagai pelatihan dari sejumlah narasumber. Kemudian ada diskusi interaktif mengenai isu-isu terkait, termasuk dari influencer. *k22

Komentar