nusabali

Puluhan Pelajar Ikuti Simulasi Sidang PBB

  • www.nusabali.com-puluhan-pelajar-ikuti-simulasi-sidang-pbb

Peserta dalam kegiatan BDMUN ini disebut delegasi yang akan mewakili suatu negara dalam sebuah sidang komite.

Bali Decorum Model United Nations, Bahas Soal Tentara Anak


DENPASAR, NusaBali
Yayasan Lingkaran Kecil (Little Circle Foundation) menyelenggarakan Model United Nations (MUN), yakni sebuah simulasi akademik sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Balai Bahasa Bali, Jalan Trengguli, Denpasar pada 14-15 Januari 2017. Mereka menamai kegiatan ini Bali Decorum Model United Nations (BDMUN).

Little Circle Foundation (LCF) coba mewadahi kegiatan BDMUN ini untuk merangsang para pemuda Indonesia peka terhadap permasalahan dunia. Model United Nations (MUN) sendiri kini kian terdengar di kalangan pelajar Indonesia. Pada dasarnya MUN adalah sebuah simulasi akademik sidang PBB yang ditujukan kepada pelajar hingga mahasiswa, di mana peserta dalam kegiatan ini disebut delegasi yang akan mewakili suatu negara dalam sebuah sidang komite.

“Tidak hanya menjadi delegasi Indonesia. Satu peserta adalah satu delegasi atau perwakilan resmi suatu negara. Mereka bakal memberikan pandangan berdasarkan kacamata negara yang mereka wakilkan. Mereka (peserta) banyak belajar di sini, terutama mengasah kemampuan berbicara khususnya Bahasa Inggris, bukan sekedar belajar berdebat, bernegosiasi, berdiplomasi dan kepemimpinan,” ujar Ketua Panitia, Ni Made Christina Wijaya, di sela-sela acara.

Singkatnya, kegiatan BDMUN yang merupakan rangkaian dari Bali International Model United Nations (BIMUN) ini menawarkan kesempatan merasakan suasana diplomasi internasional di dalam ruang-ruang sidang PBB dan sejumlah organisasi lainnya. Christina mengungkapkan, untuk kegiatan BDMUN yang baru pertama kali diselenggarakan ini diikuti oleh 53 peserta di tingkat pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Artinya, ada 53 delegasi yang mewakili 53 negara untuk membahas satu tema besar yang menjadi isu internasional.

“Kegiatan ini mengarahkan generasi muda untuk lebih peka terhadap isu-isu internasional. Tapi sayangnya, MUN belum terlalu familiar di Indonesia, dan di Bali khususnya. Karena itu, BDMUN kali ini memperkenalkan teknis dari MUN itu sendiri sehingga peserta lebih siap dan paham mengenai sidang yang akan mereka lakukan,” katanya.

BDMUN merupakan rangkaian dari Bali International Model United Nations (BIMUN) yang akan diselenggarakan 7-10 Juli 2017 mendatang di Sanur Paradise Hotel. Kegiatan berskala internasional itu menjadi rangkaian dari kegiatan kemarin. “Nanti, kami juga akan mengundang peserta dari berbagai negara untuk ikut dalam MUN yang diselenggarakan di Bali. Sehingga, wawasan para peserta menjadi lebih luas dengan bertemu peserta lain dari luar negara,” tutup Christina. * in

Komentar