nusabali

25 Wilayah di Bali Berpotensi Hujan Lebat

BBMKG Imbau Semua Pihak Waspada

  • www.nusabali.com-25-wilayah-di-bali-berpotensi-hujan-lebat

Hujan yang terjadi beberapa hari belakangan ini diakibatkan anomali suhu muka laut yang masih cukup hangat.

MANGUPURA, NusaBali

Sebanyak 25 wilayah di Provinsi Bali berpotensi mengalami hujan lebat, Senin (13/9) hari ini dan Selasa (14/9) besok. Imbauan ini dinformasikan langsung oleh Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, Minggu (12/9).

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat tersebut terbagi ke dalam 6 kabupaten se-Bali. Dengan rincian yaitu di Kabupaten Buleleng adalah Gerokgak, Seririt, Busungbiu, Banjar, Sukasada, dan Buleleng. Kemudian di Kabupaten Jembrana adalah Melaya, Negara, Jembrana, dan Medoyo. Selanjutnya di Tabanan adalah Pupuan, Penebel, Selemadeg, dan Selemadeg Timur. Sementara di Bangli adalah Kintamani, Bangli dan Tembuku. Kemudian di Klungkung adalah Dawan, Banjarangkan, dan Klungkung serta Karangasem adalah Rendang, Bebandem, Selat, Manggis dan Sidemen.

Forecaster on Duty BBMKG Wilayah III Denpasar Lia Cahyani, mengatakan saat ini Bali masih dalam periode musim kemarau. Meski demikian, bukan berarti tidak terjadi hujan sama sekali. Hujan dapat terjadi apabila ada faktor pendukungnya. Menurut Lia, hujan yang terjadi beberapa hari belakangan ini diakibatkan anomali suhu muka laut yang masih cukup hangat.

“Selain itu, kelembaban massa udara dari lapisan permukaan hingga lapisan atas itu masih cukup basah. Jadi masih lebih dari 80 persen untuk massa udaranya. Ini memicu tingginya penguapan di Bali, sehingga mendukung terbentuknya awan-awan hujan,” jelas Lia.

Lia pun menegaskan, informasi adanya potensi hujan lebat tersebut sudah diteruskan kepada instansi terkait. Salah satunya seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Ini masih potensi, meski begitu kami sampaikan untuk kewaspadaan di masyarakat. Untuk hujan berpotensi dapat terjadi pada siang, sore, ataupun malam hari. Potensi hujan yang mengguyur bisa ringan, sedang, ataupun lebat,” katanya.

Lia juga tidak memungkiri bahwa saat ini masih ada dua siklon tropis, yaitu Chantu dan Conson. Satu berlokasi di sekitar Laut Cina, dan satunya lagi di sebelah utara Filipina.

“Untuk pengaruhnya bagi Bali, kemarin memang ada, tapi sedikit. Itu berupa perlambatan kecepatan angin yang berpengaruh pada penumpukan massa udara di wilayah Bali,” urai Lia. *dar

Komentar