nusabali

Dipicu Api Dupa, Rumah di Desa Les Ludes Terbakar

  • www.nusabali.com-dipicu-api-dupa-rumah-di-desa-les-ludes-terbakar

SINGARAJA, NusaBali
Satu unit rumah semi permanen di Banjar Dinas Tegalinggah, Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng, milik Nyoman Wardaya, 36, ludes terbakar pada Sabtu (11/9) pagi.

Kebakaran diduga dipicu api sisa pembakaran dupa yang belum dipadamkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian materiil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Informasi yang dihimpun, kejadian berawal ketika anak korban melakukan persembahyangan Hari Suci Tumpek Landep menggunakan sarana dupa di salah satu kamar rumah. Usai persembahyangan, anak korban lupa mengecek apakah api sisa pembakaran dupa sudah sepenuhnya padam atau belum. Diduga api itu juga membakar pelangkiran atau tempat menaruh canang.

Tak lama kemudian, api terus membesar dan melahap barang-barang di dalam rumah yang mudah terbakar. Panik, korban meminta bantuan tetangga rumah untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya. Api baru berhasil dijinakkan pada sekitar pukul 09.00 Wita dengan bantuan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buleleng Pos Kubutambahan.

Kasi Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya mengungkapkan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun diduga dipicu api dupa. “Diduga awal titik api penyebab kebakaran rumah tersebut dari salah satu kamar yang digunakan untuk sembahyang. Pemicu kebakaran diduga berasal dari api sisa pembakaran dupa,” kata Iptu Sumarjaya.

Kata Iptu Sumarjaya, tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka dalam musibah ini. Namun, kerugian materiil yang diakibatkan ditaksir mencapai Rp 95 juta. “Tidak ada korban jiwa. Hanya menimbulkan kerugian materiil setelah rumah dan barang-barang berharga milik korban ludes terbakar,” tandas Iptu Sumarjaya. *mz

Komentar