nusabali

Menyambut HUT Ke-7, Trash Hero Indonesia Adakan Clean Up Serentak

  • www.nusabali.com-menyambut-hut-ke-7-trash-hero-indonesia-adakan-clean-up-serentak

DENPASAR, NusaBali.com – Dalam rangka memperingati HUT ke-7 Trash Hero Indonesia pada 23 September 2021 mendatang,  komunitas pecinta lingkungan ini mengadakan clean up serentak di seluruh Nusantara pada Sabtu (11/9/2021).

Setidaknya ada 33 chapter yang mengikuti aksi clean up serentak yang rata-rata diselenggarakan pada Sabtu pagi  tersebut. “Yang jadwalnya terdaftar untuk mengadakan aksi yakni ada 33 chapter, namun ada beberapa chapter lagi yang terlambat mendaftarkan jadwalnya, jadi kira-kira ada 33 chapter lebih yang beraksi hari ini,” ungkap Ketua Trash Hero Indonesia Wayan Aksara, Sabtu (11/9/2021).

Salah satu chapter Trash Hero Indonesia yang ikut beraksi melakukan clean up serentak tersebut, yakni Trash Hero chapter Renon, yang terlihat melakukan clean up di sekitar wilayah lapangan Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, Sabtu (11/9/2021) sore.

Dani Mulyana yang merupakan Ketua Trash Hero chapter Renon, mengungkapkan bahwa aksi clean up yang dilaksanakan merupakan wujud partisipasi, dan menyambut HUT ke-7 Trash Hero Indonesia.

Aksi clean up di Renon diikuti oleh lima relawan saja. “Kalau di Trash Hero chapter Renon kami biasanya clean up rutin pada hari Minggu, namun karena ini berbeda dari biasanya, mungkin terdapat sebagian relawan yang tidak bisa hadir karena kesibukan dan kepentingan tertentu,” jelasnya.

Dirinya pun menyebutkan bahwa jika dalam situasi sebelum PPKM, Trash Hero chapter Renon dihadiri oleh 15 hingga 20 orang relawan di setiap kegiatan clean up rutin yang diadakan.

Sesuai dengan ciri khasnya, selain clean up relawan Trash Hero Indonesia, yang dalam hal ini Trash Hero chapter Renon, juga turut memberikan edukasi terhadap masyarakat, dan para pedagang yang berada di sekitar wilayah lapangan Bajra Sandhi Renon, Denpasar. “Sembari clean up, relawan juga turut mengarahkan para pedagang agar memperhatikan sampahnya, terutama sampah plastik yang sangat mudah mencemari lingkungan sekitar,” ujar Mulyana.

Dirinya pun menyebutkan, pada kegiatan clean up yang dilaksanakan, relawan kerap kali menemukan berbagai jenis sampah plastik, seperti gelas plastik sekali pakai, sendok plastik, dan kemasan makanan plastik. “Keberadaan sampah plastik harus ditekan mulai dari mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, seperti membawa botol minum sendiri, tempat makan, dan tas belanja yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Dani Mulyana pun  mengatakan bahwa relawan Trash Hero chapter Renon akan berupaya terus konsisten dalam melaksanakan aksi clean up serta edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan dari keberadaan sampah plastik. “Saya berharap dengan aksi clean up yang telah dilakukan, masyarakat dapat terdorong, dan tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan, dimulai dari disiplin membuang sampah pada tempatnya, serta mengurangi penggunaan plastik sekali pakai,” jelas pria berpostur jangkung itu.

Pada bagian lain Wayan Aksara pun berharap dengan adanya kegiatan aksi clean up serentak yang dilaksanakan oleh Trash Hero Indonesia, dapat menjaga kebersamaan dan memotivasi semangat para relawan di setiap chapter Trash Hero Indonesia, agar tiada henti terus melakukan aksi guna memberikan edukasi secara perlahan, menuju lingkungan bebas dari sampah plastik. “Sebuah perilaku atau kebiasaan tentunya tidak bisa diubah secara instan, maka dari itu Trash Hero Indonesia akan terus konsisten melakukan aksi dengan cara memberikan contoh (clean-up) dan edukasi kepada masyarakat, terkait bahaya sampah plastik terhadap lingkungan,” tutupnya. *rma

Komentar